PORTOFOLIO

KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI BERBASIS

STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGGI (SNPT)/

KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI)

PROGRAM STUDI:

SASTRA INDONESIA.

STRATA:SATU (S1)

JENJANG/LEVEL KKNI: S1 / ENAM

TIM PENYUSUN:

Penanggung Jawab

Koordinator

Anggota

FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA

UNIVERSITAS NASIONAL

SEPTEMBER 2017

HALAMAN PENGESAHAN

Program Studi : Sastra Indonesia

Strata : Satu (S1)

Jenjang KKNI/SNPT : S1

Fakultas : Bahasa dan Sastra

Ketua Program Studi : Sastra Indonesia

a. Nama Lengkap : Arju Susanto

b. NIDN : 0312086202

c. Jabatan Fungsional : Ketua Program Studi

e. Program Studi : Sastra Indonesia

f. Nomor HP : 0812.1933.729

g. E-mail : arjuna12susanto@gmail.com

Anggota Penyusun Portofolio KPT SNPT:

a. Nama Lengkap : Sukirno

b. NIDN : 0310036201

c. Jabatan Fungsional : Dosen Tetap

a. Nama Lengkap : ls

b. NIDN : ………………………………

c. Jabatan Fungsional : ………………………………

Mengetahui, Jakarta, 6 Oktober 2017

Dekan, Ketua Program Studi

Drs. Somadi, M.Pd. Drs. Arju Susanto, M.Pd.

NIP. ……………………………… NIP. 0106070774

Menyetujui,

Rektor, Warek Akademik,

Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T; M.T.

NIP………………………………. NIP. ……………………………….

KATA PENGATAR

Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) Program Studi Sastra Indonesia merupakan rangkaian proses pembelajaran yang tersusun dan terencana. Atas dasar itu, Program Studi Sastra Indonesia merancang keluaran pembelajaran (learning outcome) sebagai bagian proses utama dalam menghasilkan lulusannya. Pada 2013, Program Studi Sastra Indonesia mendapatkan akreditasi BAN-PT peringkat B dan selama ini terus berupaya secara intensif untuk mengokohkan jati dirinya untuk menghasilkan lulusan yang bermutu di bidang kebahasaan dan kesastraan. Tujuannya, lulusannya dapat diserap oleh pengguna stake holder/user. Dalam upaya tersebut, Program Studi Sastra Indonesia melakukan pembaruan kurikulum dari KBK menjadi Kurikulum Pendidikan Tinggi yang berbasis (KPT-KKNI). Sesuai dengan jenjang pendidikannya, Program Studi Sastra Indonesia menggunakan peringkat kualifikasi pada level 6 (Kurikulum Pendidikan Tinggi berbasis KKNI). KPT-KKNI level 6 disusun berdasarkan analisis data tracer study dan rekomendasi program outcome dan learning outcome dari Asosiasi Program Studi Sastra Indonesia (APROBSSI). Tracer study yang dilakukan oleh Program Studi Sastra Indonesia mengambil sampel data lulusan dari 2013–2016. Sistem tracer study menggunakan standar instrumen telepon/kuesioner yang telah ditetapkan oleh Belmawa DIKTI. Dari analisis data tracer study diperoleh sebaran statistik lulusan Program Studi Sastra Indonesia di dunia kerja dan atribut-atribut kontribusi soft skill oleh Universitas Nasional. Sebaran dominan bidang pekerjaan lulusan tersebut menjadi acuan dalam penentuan definisi profil lulusan. Selanjutnya definisi profil lulusan tersebut diturunkan menjadi rumusan capaian pembelajaran/ learning outcome sebagaimana referensi Asosiassi Program Studi Bahasa Indonesia. Learning outcome tersebut memperhatikan program outcome dari Program Studi Sastra Indonesia sebagaimana dikhususkan pada bidang ilmu kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan.

Sebagai uniqueness Program Studi dan Universitas, pendidikan berbasis karakter dan integritas dipilih oleh Program Studi Sastra Indonesia sebagai penciri khas kurikulum. Dengan demikian, penyusunan KPT-KKNI level 6 oleh Program Studi Sastra Indonesia telah memperhatikan prosedur dan langkah-langkah standar yang telah ditetapkan oleh Belmawa DIKTI, yakni telah mengacu pada rekomendasi dari asosiasi prodi. Program Studi Sastra Indonesia berupaya intensif untuk menerapkan KPT-KKNI tersebut dengan Sistem Penjaminan Mutu, yakni RPS (Rencana Pembelajaran Semester) oleh dosen pengampu yang merupakan ujung tombak implementasi akan senantiasa dimonitoring dan dievaluasi. Dengan penerapan KPT-KKNI level 6, Program Studi Sastra Indonesia telah merancang SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) yang menerangkan jenjang pencapaian learning outcome lulusan. Selain itu, SKPI dirancang sebagai kompetensi yang dicapai oleh peserta didik diakui oleh Universitas Nasional sebagai pelengkap pencapaian learning outcome. Sistem pengakuan kompetensi Recognition yang dicapai oleh peserta didik adalah meliputi 3 komponen utama, yakni kompetensi pendukung professional, kompetensi pendukung soft skill, dan kompetensi pendukung talenta/jalur bakat. Dengan demikian, penerapan KPT-KKNI level 6 di Program Studi Sastra Indonesia berupaya konsisten dalam membangun mutu lulusan di bidang kebahasaan, kesastraan, dan pengajaran.

DAFTAR ISI

NO ISI PORTOFOLIO Hal.
i LEMBAR PENGESAHAN Ii
ii KATA PENGANTAR iii
iii DAFTAR ISI Iv
1 PENDAHULUAN 1
2 VISI DAN MISI UNIVERSITAS NASIONAL 6
3 VISI DAN MISI PROGRAM STUDI 8
4 DATA TRACER STUDY LULUSAN 10
5 RUJUKAN NASKAH AKADEMIK SNPT/KKNI (ASSOSIASI PRODI) 20
6 RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN SESUAI SNPT DAN JENJANG PRODI 21
7 PROFIL LULUSAN UNIVERSITAS NASIONAL 25
8 PROFIL LULUSAN PRODI 28
9 CAPAIAN PROGRAM STUDI 31
10 RANAH TOPIK KEILMUAN PROGRAM STUDI 34
11 MATRIKS CPL DENGAN RANAH TOPIK/KELOMPOK ILMU/BONGGOL ILMU 36
12 MATRIKS CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN DENGAN MATA KULIAH 38
13 MATRIKS CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) DAN CAPAIAN PROGRAM STUDI 43
14 BOBOT MATA KULIAH 47
15 DESKRIPSI MATA KULIAH DI SETIAP SEMESTER (GANJIL DAN GENAP) 50
16 DISTRIBUSI MATA KULIAH TIAP SEMESTER 60
17 PEMETAAN KONVERSI MATA KULIAH DARI KBK KE KPT-SNPT 64
18 PEMETAAN KOMPETENSI PENUNJANG LANGSUNG KOMPETENSI PENUNJANG TAMBAHAN, DAN KOMPETENSI PENUNJANG PELENGKAP 67
19 MATA KULIAH YANG DIRANCANG SEBAGAI PENYETARAAN SERTIFIKASI KOMPETENSI 68
20 PEMETAAN RELEVANSI DOSEN PENGAMPU DENGAN MATA KULIAH 69
21 RENCANA PENGEMBANGAN KUALIFIKASI DAN KOMPETENSI BIDANG ILMU DOSEN: STUDI LANJUT S3/PASCA DOKTOR 72
22 PEMETAAN PENUNJANG MATA KULIAH: BUKU TEXT/REFERENSI/LABORATORIUM 73
23 PEMETAAN LABORATORIUM PENUNJANG PEMBELAJARAN DAN RISET 77
24 PANDUAN SURAT KETERANGAN PENDAMPING IJAZAH 78
25 FORMAT RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) 86
26 STANDAR PENDIDIKAN PRODI: MUTU LULUSAN 91
27 PENGUATAN BIDANG RISET/PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 92
28 RENCANA PUBLIKASI SEMINAR/JURNAL NASIONAL/INTERNASIONAL BEREPUTASI 94
29 MONITORING DAN EVALUASI PEMBELAJARAN 95
30 REFERENSI/DAFTAR PUSTAKA 121
31 LAMPIRAN

 

  1. PENDAHULUAN

Dalam rangka penyelarasan kebutuhan sumber daya manusia Indonesia yang bermutu dan produktif sesuai dengan standar kompetensi kerja baik nasional maupun internasional dengan capaian pembelajaran (learning outcomes) yang sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang dihasilkan oleh sistem pendidikan formal, informal, nonformal, pelatihan maupun pengalaman kerja yang diakui dengan sistem pengakuan pembelajaran lampau maupun kemampuan saat ini, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bekerjasama dengan kementerian dan institusi pemerintah lainnya, para pemangku-kepentingan pengguna tenaga kerja terkait, asosiasi industri, asosiasi profesi, asosiasi internasional, perguruan tinggi regional/internasional, dan lembaga terkait lainnya telah menerbitkan PP No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Description: Penjenjangan KKNI melalui 4 Jejak Jalan (pathways) serta Kombinasi Keempatnya

Gambar 1.Sistem penjenjangan level dari 4 jalur pencapaian kompetensi KKNI, yakni jalur akademik, jalur profesi, karir di industri dan jalur otodidak.

KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi dan kompetensi tenaga kerja Indonesia yang menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan sektor pendidikan dengan sektor pelatihan dan pengalaman kerja dalam suatu skema pengakuan kemampuan kerja yang disesuaikan dengan struktur di berbagai sektor pekerjaan.Jenjang kualifikasi adalah tingkat capaian pembelajaran yang disepakati secara nasional, disusun berdasarkan ukuran hasil pendidikan dan/atau pelatihan yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal, informal, atau pengalaman kerja seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1.

KKNI menyediakan 9 (sembilan) jenjang kualifikasi, dimulai dari kualifikasi jenjang 1 sebagai kualifikasi terendah sampai dengan kualifikasi jenjang 9 sebagai kualifikasi tertinggi. Penetapan jenjang kualifikasi 1 sampai 9 dilakukan melalui pemetaan komprehensif kondisi ketenagakerjaan di Indonesia ditinjau dari kebutuhan penghasil (supply push) maupun pengguna (demand pull) tenaga kerja.Dengan demikian, KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri Bangsa Indonesia dalam sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja nasional serta sistem pengakuan kompetensi nasional yang dapat dipakai sebagai pedoman untuk:

  1. menetapkan kualifikasi capaian pembelajaran yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal, informal, pelatihan atau pengalaman kerja;
  2. menetapkan skema pengakuan kualifikasi capaian pembelajaran yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal, informal, pelatihan atau pengalaman kerja;
  3. menyetarakan kualifikasi antara capaian pembelajaran yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal, informal, pelatihan atau pengalaman kerja; dan
  4. mengembangkan metode dan sistem pengakuan kualifikasi sumber daya manusia dari negara lain yang akan bekerja di Indonesia.

KKNI menjadi acuan dalam pengemasan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) ke dalam tingkat atau jenjang kualifikasi. Pengemasan SKKNI ke dalam jenjang kualifikasi KKNI sangat penting untuk keperluan penyandingan maupun penyetaraan kualifikasi dan/atau rekognisi dengan tingkat pendidikan dan/atau tingkat pekerjaan. Di samping itu, pengemasan SKKNI ke dalam KKNI juga penting untuk keperluan harmonisasi dan kerjasama saling pengakuan kualifikasi dengan negara lain, baik secara bilateral maupun secara multilateral.

Setiap sektor dan jenjang pada KKNI memiliki deskriptor masing-masing. Deskriptor setiap jenjang kualifikasi juga disesuaikan dengan mempertimbangkan kondisi negara secara menyeluruh, termasuk perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, perkembangan sektor‐sektor pendukung perekonomian dan kesejahteraan rakyat seperti perindustrian, pertanian, kesehatan, hukum, dan lain‐lain, serta aspek‐aspek pembangun jati diri bangsa yang tercermin dalam Bhineka Tunggal Ika, yaitu komitmen untuk tetap mengakui keragaman agama, suku, budaya, bahasa dan seni sebagai ciri khas bangsa Indonesia. Jenis kualifikasi pada KKNI dirancang untuk memungkinkan setiap jenjang kualifikasinya bersesuaian dengan kebutuhan bersama antara penghasil dan pengguna lulusan perguruan tinggi, kultur pendidikan/pelatihan di Indonesia saat ini serta gelar lulusan setiap jalur pendidikan tinggi yang berlaku di Indonesia.

Deskriptor pada KKNI terdiri atas dua bagian, yaitu deskripsi umum dan deskripsi spesifik. Deskripsi umum mendeskripsikan karakter, kepribadiaan, sikap dalam berkarya, etika, moral dari setiap manusia dan berlaku pada setiap jenjang. Sementara deskripsi spesifik mendeskripsikan cakupan keilmuan (science), pengetahuan (knowledge), pemahaman (know-how) dan keterampilan (skill) yang dikuasai seseorang tergantung pada jenjangnya.

Secara konseptual, setiap jenjang kualifikasi dalam KKNI disusun oleh empat parameter utama yaitu:

  1. Keterampilan kerja yang dikuasai oleh lulusan,
  2. Cakupan keilmuan/pengetahuan,
  3. Metoda tingkat kemampuan dalam mengaplikasikan keilmuan/pengetahuan,
  4. Kemampuan manajerial.

Ke-empat parameter yang terkandung dalam masing‐masing jenjang disusun dalam bentuk deskripsi yang disebut deskriptor KKNI. Dengan demikian ke 9 jenjang KKNI merupakan deskriptor yang menjelaskan hak, kewajiban dan kemampuan seseorang dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keahliannya. Uraian tentang parameter pembentuk setiap deskriptor KKNI adalah sebagai berikut:

  1. Keterampilan kerja atau kompetensi merupakan kemampuan dalam ranah kognitif, ranah psikomotor, dan ranah afektif yang tercermin secara utuh dalam perilaku atau dalam melaksanakan suatu kegiatan, sehingga dalam menetapkan tingkat kompetensi seseorang dapat ditilik lewat unsur‐unsur kemampuan dari ketiga ranah tersebut.
  2. Cakupan keilmuan/pengetahuan merupakan rumusan tingkat keluasan, kedalaman, dan kerumitan/kecanggihan pengetahuan tertentu yang harus dimiliki, sehingga makin tinggi kualifikasi seseorang dalam KKNI ini dirumuskan dengan makin luas, makin dalam, dan makin canggih pengetahuan/keilmuan yang dimilikinya.
  3. Metoda dan tingkat kemampuan adalah kemampuan memanfaatkan ilmu pengetahuan, keahlian, dan metoda yang harus dikuasai dalam melakukan suatu tugas atau pekerjaan tertentu, termasuk di dalamnya adalah kemampuan berpikir (intellectual skills).
  4. Kemampuan manajerial merumuskan kemampuan manajerial seseorang dan sikap yang disyaratkan dalam melakukan suatu tugas atau pekerjaan, serta tingkat tanggung jawab dalam bidang kerja tersebut.

Dalam rangka penyusunan KPT-KKNI, ke-empat parameter tersebut menjadi acuan penyusunan learning outcome (LO) pada level 6 dengan mengacu pada Permen Kemristekdikti No. 44 Tahun 2015 perihal standar nasional pendidikan tinggi (SNPT).

1.2 Maksud dan Tujuan

Maksud penyusunan portofolio Kurikukulum Pendidikan Tinggi berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KPT-KKNI) adalah untuk mendesain kurikulum Program Studi Sastra Indonesia yang mengacu pada level 6 (UU. Nomor 8 Tahun 2012) dan Permen Nomor 44 Tahun 2015 serta memperhatikan hasil survei tracer study dari para alumni Sastra Indonesia dan stake holder yang dilakukan melalui kuisioner dan telepon.

1.3 Landasan Hukum

Landasan hukum yang mendukung naskah akademik ini adalah sebagai berikut:

  1. UUD RI Tahun 1945 pasal 4 ayat (1);
  2. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara RI Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4301);
  3. UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (Lembaran Negara RI Tahun 2003 Nomor 39, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4279);
  4. UU No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan;
  5. UU No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi;
  6. PP No. 23 Tahun 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (Lembaran Negara RI Tahun 2004 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4408);
  7. PP No. 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional (Lembaran Negara RI Tahun 2006
  8. PP RI No. 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
  9. Permenristekdikti No.44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  10. Surat Dirjen Dikti No.1030/D/T/2010 tanggal 26 Agustus 2010 Perihal Penataan Nomenklatur Program Studi Psikologi, Komunikasi, Komputer, dan Lanskap.
  11. Badan Nasional Sertifikasi Profesi, Rancangan 1 Pedoman BNSP 219-2012 tentang Pengembangan Skema Sertifkasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  12. VISI DAN MISI UNIVERSITAS NASIONAL

Visi Universitas Nasional

Menjadi universitas unggulan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang masuk 10 (sepuluh) besar universitas swasta terbaik di Indonesia dalam tata kelola pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat pada 2020.

Misi Universitas Nasional

Visi di atas akan dicapai dengan menetapkan misi Universitas Nasional sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan bertaraf nasional yang dapat bersaing di tataran global.
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidangnya, menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini yang mampu bersaing di pasar tenaga kerja secara nasional dan internasional.
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkonstribusi kepada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di kancah nasional dan internasional.
  4. Menyelenggarakan tata kelola organisasi universitas secara transparan, adil, bertanggung jawab dan kredibel yang mengacu kepada kebijakan pendidikan nasional.
  5. Membangun jejaring nasional dan internasional untuk memperluas dan memperdalam kerjasama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. yang bermanfaat bagi kepentingan bangsa dan negara.

Tujuan Universitas Nasional

Merujuk pada misi Universitas Nasional, maka, tujuan yang akan dicapai adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan bertaraf nasional yang dapat bersaing di tataran global.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas, kompetensi, serta daya saing nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkonstribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi baik di tingkat nasional maupun internasional.
  4. Melaksanakan tata kelola organisasi universitas secara transparan, adil, bertanggung jawab dan kredibel yang mengacu kepada kebijakan pendidikan nasional.
  5. Membangun jejaring nasional dan internasional untuk memperluas dan memperdalam kerjasama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi kepentingan bangsa dan negara.
  6. VISI MISI PROGRAM STUDI

VISI PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA

Terwujudnya Program Studi Sastra Indonesia yang unggul dalam bidang kajian kebahasaan, kesastraan, dan kebudayan Indonesia, serta mampu menjadikan industri kreatif bidang bahasa dan sastra pada 2025.

MISI PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA

  1. Mengembangkan kualitas sumber daya manusia dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia melalui proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang profesional dan mempunyai jiwa kewirausahaan melalui industri kebahasaan dan kesastraan.
  3. Membekali lulusan dengan pengetahuan ilmu bahasa, sastra, dan budaya Indonesia.
  4. Membentuk lulusan yang kreatif, analitis, dan kritis dalam menyikapi perkembangan bidang ilmu bahasa, sastra, dan budaya Indonesia.
  5. Membentuk lulusan yang bertakwa, berbudi luhur, dan dapat menerapkan ilmu kebahasaan dan kesastraan pada masyarakat Indonesia dan internasional.

TUJUAN PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA

Program Studi Sastra Indonesia bertujuan untuk

  1. Membekali lulusan dengan perangkat konseptual, perangkat analisis, dan pendekatan praktis dalam kebahasaan dan kesastraan agar mampu memformulasikan, mengimplementasikan, serta mengevaluasinya;
  2. Membekali lulusan dengan kemampuan mengenali masalah kebahasaan dan kesastraan yang diperlukan bagi pengembangan bahasa dan sastra secara efektif, efisien, produktif, responsif, dan objektif;
  3. Membekali lulusan dengan kemampuan untuk berperan dalam apresiasi yang kritis dan kreatif.

SASARAN PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA

  1. Meningkatkan relevansi kurikulum berbasis kompetensi plus KKNI terhadap kebutuhan dan tuntutan stake holder berdasarkan perkembangan ilmu bahasa, sastra, dan budaya Indonesia.
  2. Menciptakan lulusan yang mampu mengekpresikan pemikiran secara lisan dan tulisan dalam berbahasa Indonesia.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengkaji kebahasaan dan kesastraan.
  4. Menghasilkan lulusan mampu mendesain metode pengajaran kebahasaan dan kesastraan.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu meningkatkan kinerja dalam penulisan kreatif, penulisan ilmiah, dan penyuntingan.
  6. Menghasilkan lulusan dengan pemerolehan nilai minimal B dalam mata kuliah keahlian
  7. Menghasilkan lulusan minimal 80% mencapai > IPK 3,00.
  8. Menghasilkan lulusan yang dapat memperoleh pekerjaan sesuai dengan bidang ilmu bahasa, sastra, dan budaya.
  9. DATA TRACER STUDY LULUSAN

Tracer study merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui masa transisi dari dunia kampus menuju dunia kerja serta untuk mendapatkan masukan bagi perbaikan sistem pendidikan. Tracer study yang diterapkan oleh Universitas Nasional menggunakan form kuesioner survei standar untuk lulusan yang telah didesain oleh tim Belmawa Dikti. UNAS telah melakukan tracer study untuk alumni pada seluruh program studi (24 Prodi S1) khususnya empat tahun terakhir ganjil-genap 2012-2015. Hasil tracer study digunakan untuk melakukan perbaikan sistem pendidikan dengan melakukan peninjauan kurikulum. Selanjutnya, dengan mengacu pada data tracer study tersebut dilakukan upgrading kurikulum berbasis kompetensi (KBK) menjadi KPT-KKNI. Berikut data hasil tracer study khususnya program studi Sastra Indonesia.

Tabel 4.1 Tabel Hasil Tracer Study

A Butir Pertanyaan Masa Transisi Jawaban Sesuai Hasil TS
1 Kapan Anda mulai mencari pekerjaan?

Mohon pekerjaan sambilan tidak

Dimasukkan

85% sebelum wisuda, median 2.81bulan

89% sesudah wisuda, median 2.33bulan

2 Bagaimana cara Anda mencari pekerjaan tersebut? Jawaban bisa lebih dari satu 1. Mencari lewat internet/milis/iklan on-line (54.74%)

2. Pergi ke bursa atau pameran kerja (29.2%)

3. Melalui iklan di koran/majalah, brosur, dll (16.79%)

(Tulis 3 cara tertinggi mencari kerja)

3 Berapa bulan waktu yang dihabiskan

(sebelum dan sesudah kelulusan) untuk memeroleh pekerjaan pertama?

Sebelum kelulusan, median 2.99 bulan

Sesudah kelulusan, median 2.8 bulan

4 Berapa perusahaan/instansi/institusi

yang sudah dilamar (lewat surat ataue-mail) sebelum Anda memeroleh

pekerjaan pertama?

Median 10.7 perusahaan
5 Berapa banyak perusahaan/instansi/institusi yang

merespons lamaran anda?

Median 7.85perusahaan
B Butir Pertanyaan Pekerjaan

Sekarang

Jawaban Sesuai Hasil TS
1 Apakah Anda bekerja saat ini (termasuk kerja sambilan dan wirausaha)? 73% Ya

16.8% Tidak

10.2% Tidak menjawab

2 Bagaimana Anda menggambarkan

situasi Anda saat ini?

1.45% (1) Saya masih belajar / melanjutkan kuliah profesi atau pascasarjana

1.2% (2) Saya menikah

0.72% (3) Saya sibuk dengan keluarga dan anak-anak

2.65% (4) Saya sekarang sedang mencari pekerjaan

4.1% (5) Lainnya

69.34% Tidak Menjawab

3 Apakah Anda aktif mencari pekerjaan

dalam 4 minggu terakhir?

10.91% (hanya untuk yang menjawab “Ya”)
4 Apa jenis perusahaan/instansi/institusi

tempat Anda bekerja sekarang?

1. Pemerintah = 17.32%

2. Swasta = 79.53%

3.Wirausaha = 3.15%

5 Kira-kira berapa pendapatan Anda setiap bulannya? Median 4.909.995.88 juta rupiah
C Butir Pertanyaan Keselarasan

Vertikal dan Horizontal

Jawaban Sesuai Hasil TS
1 Seberapa erat hubungan antara bidang

studi dengan pekerjaan anda?

1 (Sangat erat) = 26,28%

2 (Erat) = 23.36%

3 (Cukup Erat) = 25.55%

4 (Kurang Erat) = 8.03%

5 (Tidak Sama Sekali) = 3.65%

Tidak Menjawab =13.14%

2 Tingkat pendidikan apa yang paling

tepat/sesuai untuk pekerjaan Anda saat

ini?

1 (Setingkat Lebih Tinggi) = 17.52%

2 (Tingkat yang sama) = 56.2%

3 (Setingkat Lebih Rendah) = 11.68%

4 (Tidak Perlu Pendidikan Tinggi) = 0.73%

Tidak Menjawab = 13.87%

3 Jika pekerjaan Anda saat

ini tidak sesuai dengan pendidikan, mengapa Anda mengambilnya? Jawaban bisa lebih dari satu

(1) Pertanyaan tidak sesuai ; pekerjaan saya sekarang sudah sesuai dengan pendidikan saya = 14.50%

(6) Saya dapat memperoleh pendapatan yang lebih tinggi dipekerjaan ini = 12.98%

(7)Pekerjaan saya saat ini lebih aman/terjamin/secure= 10.69%

D Butir Pertanyaan Kompetensi Jawaban Sesuai Hasil TS
Pada saat lulus, pada tingkat mana

kompetensi di bawah ini Anda kuasai?

(A)

Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi pengetahuan di bidang atau disiplin ilmu Anda 3.13
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi pengetahuan di luar bidang atau disiplin ilmu Anda 2.67
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi pengetahuan umum Anda 2.80
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi ketrampilan internet anda 2.11
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi keterampilan komputer Anda 2.46
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi berpikir kritis Anda 2.16
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi keterampilan riset Anda 2.09
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi kemampuan belajar Anda 2.05
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi kemampuan berkomunikasi Anda 2.16
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi bekerja di bawah tekanan Anda 2.08
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi manajemen waktu Anda 1.98
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi bekerja secara mandiri Anda? 2.35
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi bekerja Anda dalam tim/bekerjasama dengan orang lain? 2.04
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi kemampuan dalam memecahkan masalah Anda? 2.39
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi negosiasi Anda? 2.38
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi kemampuan analisis Anda? 1.85
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi toleransi Anda? 2.30
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi kemampuan adaptasi Anda? 2.19
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi loyalitas dan integritas Anda? 2.55
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi dalam bekerja dengan orang yang berbeda budaya maupun latar belakang Anda? 2.61
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi kepemimpinan Anda? 2.16
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi kemampuan Anda dalam memegang tanggung jawab? 2.25
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi inisiatif Anda? 2.40
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi manajemen proyek/program Anda? 2.45
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi kemampuan untuk memresentasikan ide produk/laporan Anda? 2.26
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi kemampuan dalam menulis laporan, memo, dan dokumen Anda? 2.20
Pada saat lulus, pada tingkat mana kompetensi kemampuan Anda untuk terus belajar sepanjang hayat? 2.38
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi

perguruan tinggi dalam hal kompetensi di bawah ini?

(B)

Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi pengetahuan di bidang atau disiplin ilmu Anda? 2.33
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi pengetahuan di luar bidang atau disiplin ilmu Anda? 2.73
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi pengetahuan umum Anda 2.29
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi keterampilan internet Anda? 2.34
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi keterampilan komputer Anda? 2.14
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi berpikir kritis Anda? 2.12
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi keterampilan riset Anda? 2.20
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi kemampuan belajar Anda? 2.10
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi kemampuan berkomunikasi Anda? 2.22
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi bekerja di bawah tekanan Anda? 2.33
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi manajemen waktu Anda? 1.62
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi bekerja secara mandiri Anda? 2.33
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi bekerja dalam tim/bekerjasama dengan orang lain Anda? 2.50
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi kemampuan memecahkan masalah Anda? 2.06
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi negosiasi Anda? 2.40
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi kemampuan analisis Anda? 2.25
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi toleransi Anda ? 1.99
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi kemampuan adaptasi Anda? 2.63
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi loyalitas dan integritas Anda? 2.50
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi bekerja dengan orang yang berbeda budaya maupun latar belakang Anda? 2.07
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi kepemimpinan Anda? 2.44
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi kemampuan memegang tanggung jawab Anda? 2.86
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi inisiatif Anda? 2.67
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi manajemen proyek/program Anda? 2.98
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi kemampuan untuk memresentasikan ide produk/laporan Anda? 1.73
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi dalam hal kompetensi kemampuan dalam menulis laporan, memo, dan dokumen Anda? 1.69
Pada saat lulus, bagaimana kontribusi perguruan tinggi kepada Anda dalam hal kompetensi kemampuan untuk terus belajar sepanjang hayat? 2.67

Gambar 4.1 Hubungan kesesuaian bidang studi dengan bidang pekerjaan alumni untuk lulusan tahun 2012-2015.

Gambar 4.2 Hubungan tingkat kesesuaian vertikal yakni korelasi antara tingkat kualifikasi pekerjaan yang ditangani oleh alumni dengan bidang pendidikan untuk lulusan 2012-2015.

Mengacu Pada Gambar 4.1 dan 4.2 menunjukkan data bahwa lulusan prodi Sastra Indonesia 2013-2015 yaitu sejumlah .(?). memiliki kesesuaian horizontal yang signifikan, hal tersebut ditunjukkan jawaban survey yang menjawab erat sebesar 26.28%, dan yang menjawab sangat erat 23,36%. Kesesuaian horizontal tersebut mengindikasikan keberhasilan kurikulum KBK pada 2013 dalam menghasilkan profil lulusan yang bekerja sesuai dengan bidang ilmu Program Studi Sastra Indonesia. Kesesuain horizontal tersebut didukung oleh data kesesuaian vertical, yakni bidang pekerjaan yang saat ini dijalankan oleh lulusan menunjukkan kualifikasi pekerjaan yang sama dengan tingkat pendidikan yang dimiliki, yakni sebagaimana data survey yang menjawab untuk tingkat yang sama sebesar 56.20%.

Gambar 4.3 Kontribusi Program Studi Sastra Indonesia dalam peningkatan Kompetensi Softskill pada Lulusan 2013-2016.

Mengacu pada gambar 4.3 dapat diketahui bahwa rata-rata skor kompetensi lulusan sebelum lulus adalah 2,31 dan sesudah lulus adalah 2,30. Artinya skor rata-rata tersebut memiliki nilai yang hampir sama. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi program studi Sastra Indonesia telah berhasil menjaga kompetensi lulusan tidak mengalami degradasi yang signifikan. Selanjutnya, kondisi tersebut akan dijadikan acuan meningkatkan kontribusi program studi dalam peningkatan kompetensi softskills lulusan.

Gambar 4.4 Grafik kesesuaian pendidikan dengan bidang kerja

Dari hasil Tracer Study alumni 2013-2016 (Gambar 4.4), maka, dapat diketahui bahwa 58,2 % lulusan Sastra Indonesia menyatakan telah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan profil lulusan yang didesain pada kurikulum KBK (2013). Hal tersebut menunjukkan, bahwa, kurikulum yang dijalankan pada tahun tersebut berhasil menciptakan lulusan yang kompetensinya diterima atau diakui oleh user atau stakeholder. Mengacu pada data keselarasan horisontal tersebut dapat diklasifikasikan profil pekerjaan dari 58,2 % data lulusan dapat dikategorikan sebagai berikut:

  1. Penyunting,
  2. Wartawan,
  3. Guru dan dosen,
  4. Peneliti bahasa dan sastra,
  5. Penulis.

Profesi bidang pekerjaan yang dominan dijalankan oleh para lulusan tersebut selanjutnya menjadi referensi utama dalam menyusun profil lulusan kurikulum pendidikan tinggi berbasis KKNI level 6 bagi Prodi Sastra Indonesia.

Selanjutnya, sejak tahun Akademik 2013/2014 s.d 2015/2016 Program Studi Sastra Indonesia telah meluluskan 46 mahasiswa yang terdiri atas 40 mahasiswa regular dan 6 mahasiswa asing. Dari 46 mahasiswa dengan keselarasan bidang ilmu yang di- tempuh di program studi Sastra Indonesia dapat diklasifikasikan sebagai berikut: Sebanyak 30 mahasiswa sesuai dengan bidang ilmu yang diperoleh di Program Studi, yaitu menjadi Penulis, Wartawan dan Penyelia. Sementara, 16 mahasiswa lainnya menyimpang dari bidang ilmu yang diperoleh di Program Studi Sastra Indoneia. Hal itu diketahui berdasarkan jawaban melalui telepon.

  1. RUJUKAN NASKAH AKADEMIK SNPT/KKNI (ASSOSIASI PRODI)
  2. Forum Program Studi Sastra Indonesia (Porprossi) I di Universitas Gajah Mada Yogyakarta 19 November 2014,
  3. Pertemuan Porprossi II di Universitas Udayana Denpasar Bali 20-21 Mei 2015,
  4. Hasil Pertemuan PorprosiIII di Universitas Hasanudin Makassar 1-2 Mei 2016,
  5. Pertemuan Porprossi IV di Hotel Ibis Surabaya City Center, Jalan Basuki Rahmat, Surabaya 9-10 Mei 2017,
  6. Sesuai dengan Perpres No.8 tahun 2008 tentang KKNI level 6, bahwa Standar Capaian Pembelajaran untuk Sarjana S1 adalah sebagai berikut:
  7. Mampu memanfaatkan IPTEK dalam bidang keahliannya, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
  8. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  9. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi.
  10. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
  11. Mengacu pada SN Dikti, Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015, Capaian Pembelajaran untuk level 6
  12. RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN SESUAI SNPT DAN JENJANG PRODI

Mengacu kepada Permenristekdikti Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggidan Perpres RI Nomor 8 Tahun2012 tentang KKNI,UUPT No.12 Tahun 2012, lulusan program studi memiliki capaian pembelajaran terkait sikap dan keterampilan umum sebagai berikut:

Capaian Pembelajaran Komponen Sikap

Setiap lulusan program studi di Universitas Nasional harus memiliki sikap sebagai berikut:

        1. Bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
        2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
        3. Dapat berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
        4. Dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila;
        5. Dapat bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
        6. Dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
        7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
        8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
        9. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
        10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Capaian Pembelajaran Komponen Keterampilan Umum

No. Jenis Pendidikan Jenjang Capaian Pembelajaran: Keterampilan Umum
1 Strata Satu (S1) Level 6 a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

c. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

d.Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

e.Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

f. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

g. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;

h. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri dan;

i. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

3
  1. PROFIL LULUSAN UNIVERSITAS NASIONAL

Ciri khas profil lulusan Universitas Nasional adalah lulusan yang bercirikan, memiliki karakter, integritas dan softskill.Profil lulusan UNAS berlaku seragam untuk semua jenis jenjang pendidikan dari S1, S2 dan S3. Deskripsi ciri khas Capaian Pembelajaran untuk lulusan Universitas Nasional yang memiliki karakter, integritas dan softskill adalah sebagaimana berikut ini:

Deskripsi Profil Lulusan Universitas Nasional yang ber-Karakter, Integritas dan SoftSkill
  1. Berkarakter dan menjunjung tinggi integritas moral,
  2. Profesional berbasis keilmuan prodi,
  3. Memiliki kemampuan manajerial ,
  4. Memiliki kemampuan bahasa internasional (Inggris),
  5. Memiliki interpersonal skill,
  6. Memiliki kemampuan mengembangkan karir profesional,
  7. Memiliki kemampuan kewirausahaan,
  8. Memiliki kemampuan untuk menerapkan prinsip anti korupsi dan tidak menyalahgunakan narkoba dalam peningkatan karir professional,
  9. Memiliki kemampuan untuk menjaga, melestarikan dan memanfaatkan SDA dan lingkungan,
  10. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan bidang peminatan bakat olahraga dan seni bagi mahasiswa yang memiliki talenta atau human interest.

Capaian pembelajaran lulusan Universitas Nasional yang ber-Karakter, Integritas dan Softskill adalah sebagai berikut:

No Capaian Pembelajaran Lulusan Universitas Nasional
1 Mampu menerapkan prinsip-prinsip moral atau nilai spiritualitas sesuai dengan ajaran agama yang dianut, yang berlaku secara universal dalam upaya pengembangan pribadi yang unggul di masyarakat dengan menjadikan prinsip atau nillai tersebut sebagai motivasi untuk menguasai, mengamalkan, dan mengembangkan IPTEK.
2 Mampu menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai ciri khas dan jati diri bangsa dalam upaya pengembangan pribadi yang berkarakter dan berintegritas.
3 Mampu menerapkan prinsip-prinsip nasionalisme dalam koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
4 Mampu menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dalam koridor pengembangan karir profesional di dunia kerja.
5 Mampu menerapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmiah/saintifik sebagai cara untuk mendiseminasikan karya ilmiah secara tertulis dan mampu mengembangkannya sebagai bahasa komunikasi profesional untuk dunia kerja.
6 Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar berwirausaha berbasis kreativitas dan inovasi dengan mendayagunakan basis keilmuan program studi.
7 Mampu menerapkan atau mengembangkan kemampuan salah satu cabang bidang olah- raga atau seni sebagai media penguatan softskill.
8 Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar konservasi lingkungan hidup dalam konteks pengembangan karir profesional di perusahaan atau instansi pemerintah sebagai upaya mendukung sustainabilitas (keberlanjutan) lingkungan.
9 Mampu memahami prinsip-prinsip anti korupsi dan penyalahgunaan narkoba sebagai upaya peningkatan karakter dan integritas di dunia kerja.

Realisasi Capaian Pembelajaran Lulusan Tingkat Universitas Nasional Sebagai Ciri Khas Perguruan Tinggi

Capaian pembelajaran lulusan di tingkat universitas ditetapkan seragam dan sama untuk semua jenis pendidikan dan jenjang yang secara khusus direalisasikan kedalam Mata Kuliah Wajib Umum, yakni sebagai berikut:

Ranah Topik: Karakter, Integritas dan Softskill
No. Mata Kuliah Capaian Pembelajaran Lulusan Ciri Khas Universitas Nasional
1 Pendidikan Agama Mampu menerapkan prinsip-prinsip moral atau nilai spiritualitas sesuai dengan ajaran agama yang dianut, yang berlaku secara universal dalam upaya pengembangan pribadi yang unggul di masyarakat dengan menjadikan prinsip atau nillai tersebut sebagai motivasi untuk menguasai, mengamalkan, dan mengembangkan IPTEK.
2 Pendidikan Pancasila Mampu menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai ciri khas dan jati diri bangsa dalam upaya pengembangan pribadi yang berkarakter dan berintegritas.
3 Pendidikan Kewarganegaran Mampu menerapkan prinsip-prinsip nasionalisme dalam koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
4 TOEFL/Bahasa Inggris Mampu menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dalam koridor pengembangan karir profesional di dunia kerja.
5 Bahasa Indonesia Mampu menerapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmiah/saintifik sebagai cara untuk mendiseminasikan karya ilmiah secara tertulis dan mampu mengembangkannya sebagai bahasa komunikasi profesional untuk dunia kerja.
6 Kewirausahaan Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar berwirausaha berbasis kreativitas dan inovasi dengan mendayagunakan basis keilmuan program studi.
7 Olahraga dan Seni Mampu menerapkan atau mengembangkan kemampuan salah satu cabang bidang olah raga atau seni sebagai media penguatan softskill.
8 Konservasi Lingkungan Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar konservasi lingkungan hidup dalam konteks pengembangan karir profesional di perusahaan atau instansi pemerintah sebagai upaya mendukung sustainabilitas (keberlanjutan) lingkungan.
9 Anti Korupsi dan Narkoba Mampu memahami prinsip-prinsip anti korupsi dan penyalahgunaan narkoba sebagai upaya peningkatan karakter dan integritas di dunia kerja.
  1. PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI
No. Profil Lulusan Deskripsi
1. Linguis Indonesia

 

Linguis adalah pengkaji bidang ilmu bahasa yang mencakup fonetik, fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik untuk memenuhi kelengkapan profesi linguis.
2. Peneliti Pemula Bahasa dan Sastra Indonesia Peneliti bahasa pemula adalah proses investigasi yang dilakukan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta kebahasaan agar menghasilkan pengetahuan lebih mendalam mengenai peristiwa, tingkah laku, teori dan membuka peluang bagi penerapan praktis dari pengetahuan bahasa.
3. Ahli Bahasa Indonesia Ahli bahasa adalah kemahiran, sangat memahami bidang ilmu bahasa Indonesia untuk mengembangkan, menafsirkan makna kata, kalimat, sehingga menjadikannya sebagai narasumber dalam kebahasaan.
4. Ahli Sastra Indonesia Ahli sastra Indonesia adalah kemahiran, sangat memahami bidang Kesusatraan yang mencakup prosa, cerpen, puisi, dan drama, sehingga menjadikannya sebagai kritikus kesusastraan Indonesia.
5. Penulis Ilmiah dan Kreatif Penulis adalah kecakapan yang secara konsisten melakukan perekaman dalam bentuk tulisan, menciptakan pekerjaan menulis, baik tulisan ilmiah maupun popular yang dapat menjadikannya sebagai inspiratif, korektif, kreatif, inovatif, motivatif, dan edukatif.
6. Pendidik Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidik merupakan profesi yang merencanakan, melaksanakan, dan menilai hasil pembelajaran bahasa dan sastra serta melakukan pembimbingan dan pelatihan bagi peserta didiknya.

Deskripsi uraian umum profil lulusan yang terdiri atas komponen capaian pembelajaran Pengetahuan, Keterampilan Umum dan Keterampilan Khusus adalah sebagaimana berikut ini:

Jenjang atau Level Komponen Capaian Pembelajaran Uraian Umum
S1

Level 6

Pengetahuan
  1. Menguasai konsep teori kebahasaan dan kesastraan Indonesia.
  2. Menguasai dasar-dasar pengetahuan untuk berkreasi di bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia.
  3. Menguasai dasar-dasar metode penelitian kebahasaan dan kesastraan Indonesia.
  4. Menguasai teknik penertapan konsep-konsep kebahasaan dan kesastraan untuk meningkatlkan pemahaman mengenai identitas keindonesiaan.

(Sumber Forprossi IV Surabaya 16 Februari 2017)

Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran sistematis, kritis, kreatif, inovatif, dan humanis dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan.
  2. Mampu menunjukan kerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan hasil analisis data bahasa dan sastra secara benar dalam bentuk skripsi, dan mengunggahnya di laman perguruan tinggi.
  4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  5. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  6. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola sebuah proyek secara mandiri.
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

(Sumber Forprossi IV Surabaya 16 Februari 2017)

Keterampilan Khusus
  1. Mampu mendefinisikan, mengklasifikasi, dan mensistematisasi masalah-masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia yang berkembangan di masyarakat.
  2. Mampu merumuskan berbagai alternatif pemecahan masalah dalam bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia sebagai dasar untuk memahami persoalan kemanusiaan.
  3. Mampu melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Mampu melakukan penelitian dengan menggunakan konsep teoretis dan metode penelitian bahasa dan sastra.
  5. Mampu menganalisis masalah-masalah kebahasan dan kesastraan Indonesia dengan menggunakan berbagai teknik analisis bahasa dan sastra.
  6. Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia.

(Sumber Forprossi IV Surabaya 16 Februari 2017)

  1. CAPAIAN PROGRAM STUDI
No.

1

CAPAIAN PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA
Berbasis Capaian Pembelajaran Komponen Keterampilan Sikap
1 Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2 Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
3 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamain dunia.
4 Siap bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain.
6 Menjunjung tinggi penegakan hukum dan memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
7 Memiliki kemampuan memimpin dan bekerja sama serta peduli terhadap masalah-masalah humaniora
8 Menghayati nilai, norma, dan etika akademik.
9 Memiliki kemandirian dan berjiwa wirausaha.

(Sumber Forprossi IV Surabaya 16 Februari 2017)

No.

2

CAPAIAN PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA
Berbasis Capaian Pembelajaran Komponen Keterampilan Umum
1 Mampu menerapkan pemikiran sistematis, kritis, kreatif, inovatif, dan humanis dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan.
2 Mampu menunjukan kerja mandiri, bermutu, dan terukur.
3 Mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan hasil analisis data bahasa dan sastra secara benar dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya di laman perguruan tinggi.
4 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
5 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
6 Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
7 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola sebuah proyek secara mandiri.
8 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

(Sumber Forprossi IV Surabaya 16 Februari 2017)

No.

3

CAPAIAN PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA
Berbasis Capaian Pembelajaran Komponen Keterampilan Pengetahuan
1 Menguasai konsep teori kebahasaan dan kesastraan Indonesia.
2 Menguasai dasar-dasar pengetahuan untuk berkreasi di bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia.
3 Menguasai dasar-dasar metode penelitian kebahasaan dan kesastraan Indonesia.
4 Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasaan dan kesastraan untuk meningkatkan pemahaman mengenai identitas keindonesiaan.

(Sumber Forprossi IV Surabaya 16 Februari 2017)

No.

4

CAPAIAN PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA
Berbasis Capaian Pembelajaran Komponen Keterampilan Khusus
1 Mampu mendefinisikan, mengklasifikasi, dan mensistematisasi masalah-masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia yang berkembang di masyarakat.
2 Mampu merumuskan berbagai alternatif pemecahan masalah dalam bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia sebagai dasar untuk memahami persoalan kemanusiaan.
3 Mampu melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia.
4 Mampu melakukan penelitian dengan menggunakan konsep teoretis dan metode penelitian bahasa dan sastra.
5 Mampu menganalisis masalah-masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia dengan menggunakan berbagai teknik analisis bahasa dan sastra.
6 Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia.

(Sumber Forprossi IV Surabaya 16 Februari 2017)

  1. RANAH TOPIK KEILMUAN PROGRAM STUDI
No. Profil Lulusan Deskripsi
1. Linguis Indonesia

 

Linguis adalah pengkaji bidang ilmu bahasa yang mencakup fonetik, fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik untuk memenuhi kelengkapan profesi linguis.
2. Peneliti Pemula Bahasa dan Sastra Indonesia Peneliti bahasa pemula adalah proses investigasi yang dilakukan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta kebahasaan agar menghasilkan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai peristiwa, tingkah laku, teori dan membuka peluang bagi penerapan praktis dari pengetahuan bahasa.
3. Ahli Bahasa Indonesia Ahli bahasa adalah kemahiran, memahami bidang ilmu bahasa Indonesia untuk mengembangkan, menafsirkan makna kata, kalimat, sehingga menjadikannya sebagai narasumber dalam kebahasaan.
4. Ahli Sastra Indonesia Ahli sastra Indonesia adalah kemahiran, memahami bidang kesusastraan yang mencakup prosa, cerpen, puisi, dan drama, sehingga menjadikannya sebagai kritikus kesusastraan Indonesia.
5. Penulis Ilmiah dan Kreatif Penulis adalah kecakapan yang secara konsisten melakukan perekaman dalam bentuk tulisan, menciptakan pekerjaan menulis, baik tulisan ilmiah maupun popular yang dapat menjadikannya sebagai inspirasi, korektif, kreatif, inovatif, motivatif, dan edukatif.
6. Pendidik Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidik merupakan profesi yang merencanakan, melaksanakan, dan menilai hasil pembelajaran bahasa dan sastra serta melakukan pembimbingan dan pelatihan bagi peserta didiknya.

Linguistik

Indonesia

Penelitian Bahasa dan Sastra

KecakapanHidup/Soft-Skill

Karakter Integritas

Kritik Sastra Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PenulinulisanIlmiah dan Kreatif

  1. MATRIKS CPL DENGAN RANAH TOPIK/KELOMPOK ILMU/BONGGOL ILMU
No. Ranah Topik Capaian Pembelajaran
1 Karakter, Integritas dan Softskill
  1. Mampu menerapkan prinsip-prinsip moral atau nilai spiritualitas sesuai dengan ajaran agama yang dianut dan berlaku secara universal dalam upaya pengembangan pribadi yang unggul di masyarakat dengan menjadikan prinsip atau nillai tersebut sebagai motivasi untuk menguasai, mengamalkan, dan mengembangkan IPTEK.
  2. Mampu menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai ciri khas dan jati diri bangsa dalam upaya pengembangan pribadi yang berkarakter dan berintegritas.
  3. Mampu menerapkan prinsip-prinsip nasionalisme dalam koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
  4. Mampu menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dalam koridor pengembangan karir profesional di dunia kerja.
  5. Mampu menerapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmiah/saintifik sebagai cara untuk mendiseminasikan karya ilmiah secara tertulis dan mampu mengembangkannya sebagai bahasa komunikasi profesional untuk dunia kerja.
  6. Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar berwirausaha berbasis kreativitas dan inovasi dengan mendayagunakan basis keilmuan program studi.
  7. Mampu menerapkan atau mengembangkan kemampuan salah satu cabang bidang olah raga atau seni sebagai media penguatan softskill.
  8. Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar konservasi lingkungan hidup dalam konteks pengembangan karir profesional di perusahaan atau instansi pemerintah sebagai upaya mendukung sustainabilitas (keberlanjutan) lingkungan.
  9. Mampu memahami prinsip-prinsip anti korupsi dan penyalahgunaan narkoba sebagai upaya peningkatan karakter dan integritas di dunia kerja.
2 Linguistik Indonesia Linguistik adalah ilmu yang objek kajiannya berupa bahasa-bahasa umum atau bahasa tertentu. Linguistik dapat berupa mikrolinguistik dan makrolinguistik.
3 Penelitian Pemula Bahasa Indonesia Penelitian Pemula merupakan penelitian untuk spesialisasi linguistik, membahas metodologi dalam  penelitian linguistik, meliputi definisi metode dan metodologi, dikotomi penelitian kuantitatif dan kualitatif, variabel penelitian linguistik serta tahap dan metode penelitian.
4 Perencanaan Bahasa Indonesia Ahli Bahasa Indonesia ialah kecakapan berbahasa, memiliki pengetahuan, kemampuan untuk menilai dan memutuskan kata bahasa serta maknanya dengan benar, baik, dan andal sesuai dengan aturan dan status pada ranah ilmu kebahasaan.
5 Kritik Sastra Indonesia Mampu, mahir, dalam bidang sastra yang ditandai  oleh  adanya  daya  cipta  yang  tidak   habis-habisnya dalam bidang kesusatraan yang mencakup prosa, cerpen, puisi, dan drama, sehingga menjadikan dirinya narasumber dalam kesusastraan Indonesia.
6 Penulisan Ilmiah dan Kreatif Mampu melakukan, memodifikasi, dan menganalisis catatan atau rekaman setiap kejadian dalam bentuk tulisan. Pekerjaan menulis, mencipta suatu karya tulis, baik karya tulis ilmiah maupun popular yang dapat menjadikan inspirasi, koreksi sosial, kreasi, motivasi, dan edukasi.
7 Pendidik Bahasa dan Sastra Indonesia Mampu merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran bahasa dan sastra, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, sehingga menjadi pendidik yang profesional.
  1. MATRIKS CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN DENGAN MATA KULIAH
No. Mata Kuliah Capaian Pembelajaran
Linguistik Indonesia

  1. Pengantar Linguistik Umum.
  2. Fonologi.
  3. Morfologi.
  4. Sintaksis.
  5. Semantik.
  6. Sosiopragmatik.
  7. Wacana.
  8. Leksikografi.
  9. Sosiolinguistik.
  10. Psikolinguitik.
  11. Aliran Linguistik.

 

1.1 Mampu mengidentifikasi hakikat bahasa, unsur bahasa, keilmuan bahasa secara teoritik maupun terapan;

    1. Mampu menguraikan konsep dasar fonologi, analisis fonem, pola suku kata, dan problem fonologis bahasa Indonesia;
    2. Mampu menganalisis konsep dasar morfemis, klitiksasi, jenis fleksi dan derivasinya dalam bahasa Indonesia;
    3. Mampu menganalisis ilmu urai kalimat, unsur pembentuk kalimat, kelas kata, dan fungsi sintaksisnya;
    4. Mampu menapsirkan struktur makna dalam bahasa Indonesia;
    5. Mampu menafsirkan dan memproyeksikan kata secara leksikal, kata dan lema;
    6. Mampu menganalisis dan menafsirkan bahasa dalam komunikasi pada berbagai peristiwa, tempat, suasana, dan mitrawicara dalam berbahasa Indonesia.
    7. Mampu menyusun dan mengurutkan wacana, jenis, struktur wacana, dan berbagai model analisis wacana serta cara menganalisisnya.
    8. Mampu mengkategorikan aliran/paham linguistik, teori kebahasaan, linguistik bandingan, struktural, teori dan migrasi bahasa.
    9. Mampu mengkategorikan hubungan bahasa dan kejiwaan pemakainya;
    10. Mampu mengidentifikasi pemakaian bahasa sesuai dengan kelas sosial dan latar pemakainya;
    11. Mampu memprefikasikan bahasa, proses pembinaan dan pengembangan bahasa, proses pembakuan dan pemoderenan bahasa, serta pembinaan dan penyuluhan bahasa;
Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia

  1. Dasar-dasar Filsafat.
  2. Filsafat Bahasa.
  3. Sejarah Pemikiran.
  4. Metodologi Penelitan.
  5. Seminar Proposal.
  6. Skripsi.
    1. Mampu mengaplikasikan dasar berpikir, sistematika yang menggunakan logika, etika, dan estetika.
    2. Mampu mengaplikasikan konsep ilmu bahasa, konsep kebenaran, konsep dasar kebenaran, dan berbagai teori bahasa
    3. Mampu mengidentifikasi kesejarahan secara kronologis pemikiran sehingga menjadi hal yang penting. Urutan waktu dan kronologis tentang sejarah pemikiran.

2.4 Mampu merancang dan mengkategorikan objek, masalah, metodologi penelitian, teknik pengumpulan dan analisis data penelitian kebahasaan dan kesastraan Indonesia dan daerah;

2.5 Mampu mendemonstrasikan cara berargumentasi dan mempertahankan argumentasinya; dan

2.6 Mampu menyusun penelitian dan pelaporannya dalam bentuk skripsi.

3 Perencanaan Bahasa Indonesia

  1. Penyuntingan 1,2.
  2. Retorika.
  3. Estetika.
  4. Tata Persuratan Dinas.
  5. Perencanaan Bahasa.
    1. Mampu menerapkan teori penyuntingan baik ejaan, kata, diksi, frasa, kalimat, paragraf, maupun wacana
    2. Mampu mendemonstrasikan teknik berbicara, presentasi dan kepribadian yang tinggi untuk presentasi; dan
    3. Mampu menerapkan tanda dan cara tanda itu bekerja.
    4. Mampu membangun format, unsur, penjenisan dan pembuatan surat dinas, serta surat bisnis.
4. Kritik Sastra Indonesia

  1. Pengantar Ilmu Sastra.
  2. Sejarah Sastra Indonesia.
  3. Teori Sastra.
  4. Telaah Prosa.
  5. Telaah Puisi.
  6. Telaah Drama.
  7. Kritik Sastra.
  8. Sosiologi Sastra.
  9. Psikologi Sastra.
    1. Mampu mengidentifikasi konsep dasar sastra, genre sastra, hakikat sastra, cabang-cabang ilmu sastra, karakteristik bahasa sastra, teori pendekatan karya sastra.
    2. Mampu menjelaskan dan memahami konsep dasar sastra, genre sastra, hakikat sastra, karakteristik sastra, dengan pendekatan kesastraan baik struktural maupun terapan.
    3. Mampu menerapkan dan menjelaskan sejarah, periodisasi, dan perkembangan Sastra Indonesia.
    4. Mampu menganalisis prosa secara  intrinsik dan ekstrinsik, serta mempublikasikan hasil telaah sastra.
    5. Mampu menganalisis makna puisi, perkembangan puisi Indonesia, klasifikasi puisi, unsur-unsur puisi, dan menganalisisnya sesuai dengan kaidah puisi.
    6. Mampu menganalisis unsur drama, jenis drama, jenis teater tradisional, sejarah teater Indonesia, dan naskah drama Indonesia.
    7. Mampu mengkritik unsur sastra, dan genre sastra di Indonesia dan warna lokalnya.
    8. Mampu menilai ilmu kejiwaan dalam karya sastra.
    9. Mampu menilai tataran masyarakat dalam karya sastra.
5. Penulisan Ilmiah dan Kreatif

  1. Menulis 5.
  2. Menulis 4.
  3. Menulis 3.
  4. Menulis 2.
  5. Menulis 1.
5.1Mampu menciptakan, mengkreasi secara kritis dan analitis baik berupa laporan akademik maupun atrikel ilmiah;

5.2 Mampu menciptakan konsep dasar kreatif, ciri-ciri manusia kreatif, kreativitas, proses penulisan karya sastra, dan praktik penulisan karya sastra;

5.3 Mampu mencipkakan karya kreatif, artikel koran, karya ilmiah, maupun laporan ilmiah;

5.4 Mampu menciptakan penulisan popular dan kiat menulis artikel di media massa; dan

5.5Mampu menyusun serta mengarang tulisan/berita, feature; teknik menganalisis berita, dan terampil menulis berita dan featur.

6. Pendidikan Bahasa dan Sastra

  1. Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra.
  2. Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra.
  3. Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra.
  4. Pembelajaran BIPA.
  5. Pembelajaran Bahasa Mandarin 1. 2.
  6. Pembelajaran Mikro.
  7. Pembelajaran Makro.
6.1 Mampu merancang konsep dasar pendidikan, landasan pendidikan, dan model-model pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

6.2 Mampu merancang media pembelajaran sebagai sarana transmisi materi ajar bahasa dan sastra.

6.3 Mampu mengevaluasi dan menilai hasil pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang tepat sesuai dengan kaidah penilaian.

6.4.Mampu menerapkan metode pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia sesuai dengan modelnya, dan mampu melaksanakan evaluasi baik dengan tes maupun nontes.

6.5 Mampu menerapkan metode pembelajaran mencakup berbicara, mendengar, menulis, dan membaca, serta evaluasi baik dengan tes maupun nontes

6.6 Mampu menerapkan metode pembelajaran bahasa Mandarin, mencakup berbicara, mendengar, menulis, dan membaca, serta evaluasi baik dengan tes maupun nontes

 

7. Karakter Integritas:

  1. Pendidikan Agama.
  2. Pendidikan Kewarganegaraan.
  3. Pendidikan Pancasila.
  4. Bahasa Indonesia.
  5. Olah Raga dan Seni.
  6. Pendidikan Anti Korupsi.
  7. Konservasi Alam dan Lingkungan.
  8. TOEFL.
  9. Kewirausahaan.
    1. Menaati etika agama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat;
    2. Menaati dan mematuhi etika bermasyarakat sebagai bagian warga negara dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat;
    3. Menaati dan mematuhi serta mengamalkan etika dan ideologi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat;

7.4 Mampu menerapkan bahasa Indonesia sesuia dengan kaidah berbahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pergaulan dan/atau kegiatan keilmuan baik laras lisan maupun tertulis.

7.5 Mampu mempraktikkan teori-teori dasar olah raga dan seni demi tercapainya suatu tujuan dan kehidupan yang sehat jasmani dan rohani.

7.6 Mampu menaati peraturan dan etika pada lingkungan kerja sehingga tidak melakukan korupsi yang merugikan orang lain;

7.7 Mampu memprakarsai konservasi alam agar Indonesia tetap hijau dan asri, serta ramah lingkungan;

7.8 Mampu menerapkan bahasa Inggris baik lisan maupun tulis serta mempersiapkan untuk ujian TOEFL dengan capaian skor 450 kata.

8. Kecakapan Hidup (Soft Skill)

  1. Pemahaman Lintas Budaya.
  2. Perkembangan Masyakat dan Kesenian.
  3. Toefl Preparation 1.
  4. Toefl Prepration 2.
  5. Kewirausahaan.
  6. Bahasa Mandarin 1, 2.
  7. Toefl Preparation 1, 2.
    1. Mampu menerima dan memfilter perbedaan berbagai macam budaya dari luar;
    2. Memahami konsep dasar dan teori kesenian dengan berbagai aspeknya, sebagai pengayaan dalam karya sastra.
    3. Mampu menguasai kosakata bahasa Inggris mencakup listening, speaking, reading, writing dan structure untuk meningkatkan nilai TOEFL;
    4. Mampu menguasai kosakata bahasa Inggris mencakup listening, speaking, reading, writing, dan structure untuk menjawab soal-soal TOEFL dan strategi dalam mengikuti tes;
    5. Mampu menerapkan instruksi dan lambang pada simbol-simbol komputer serta fungsinya dalam dunia kerja;
    6. Mampu mengidentifikasi keindahan dalam karya sastra sebagai pengayaan pengalaman hidup.
    7. Mampu merancang dan memprakirakan jenis usaha, permodalan serta prospek ke depannya.
  1. MATRIKS CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) DAN CAPAIAN PROGRAM STUDI
Capaian Pembelajaran Lulusan

(CPL)

Capaian Program Studi
Berbasis Keterampilan Umum Berbasis Keterampilan Khusus
1 2 3 4 5 6 7 8 9 1 2 3 4 5 6
Ranah Topik Linguistik Indonesia
1.1 Mampu mengidentifikasi hakikat bahasa, unsur bahasa, keilmuan bahasa secara teoritik maupun terapan.
1.2 Mampu menguraikan konsep dasar fonologi, analisis fonem, pola suku kata, dan problem fonologis bahasa Indonesia;
1.3 Mampu menganalisis konsep dasar morfemis, klitiksasi, jenis fleksi dan derivasinya dalam bahasa Indonesia;
1.4 Mampu menganalisis ilmu urai kalimat, unsur pembentuk kalimat, kelas kata, dan fungsi sintaksisnya;
1.5 Mampu menafsirkan struktur makna dalam bahasa Indonesia;
1.6 Mampu menafsirkan dan memproyeksikan kata secara leksikal, kata dan lema;
1.7 Mampu menganalisis dan menafsirkan bahasa dalam komunikasi pada berbagai peristiwa, tempat, suasana, dan mitrawicara dalam berbahasa Indonesia.
1.8 Mampu menganalisis dan mendisversikasikan wacana, jenis, struktur wacana, dan berbagai model analisis wacana, serta cara menganalisisnya
1.9 Mampu mengkategorikan aliran/paham linguistik, teori kebahasaan, linguistik bandingan, struktural, teori dan migrasi bahasa.
1.10 Mampu mengkategorikan hubungan bahasa dengan kejiwaan pemakainya.
1.11 Mampu mengidentifikasi pemakaian bahasa sesuai dengan kelas sosial dan latar pemakainya.
1.12 Mampu memprefikasikan bahasa, proses pembinaan dan pengembangan bahasa, proses pembakuan dan pemoderenan bahasa, serta pembinaan dan penyuluhan bahasa.
Ranah Topik Penenlitian Bahasa
1.1 Mampu merancang dan mengkategorikan objek, masalah, metodologi penelitian, teknik pengumpulan dan analisis data penelitian kebahasaan dan kesastraan Indonesia dan daerah.
1.2 Mampu mendemonstrasikan cara berargumentasi dan mempertahankan argumentasinya.
1.3 Mampu menyusun penelitian dan pelaporannya dalam bentuk skripsi.
1.4 Mampu membangun format, unsur, penjenisan, dan pembuatan surat dinas, serta surat bisnis
Ranah Topik Ahli Bahasa
1.1 Mampu menerapkan teori penyuntingan baik ejaan, kata, diksi, frasa, kalimat, paragraf, maupun wacana
1.2 Mampu mendemonstrasikan teknik berbicara, presentasi, dan kepribadian yang tinggi dalam melakukannya.
1.3 Mampu menerapkan tanda dan cara tanda itu bekerja.
1.4 Mampu membangun format, unsur, penjenisan, dan pembuatan surat dinas, serta surat bisnis.
Ranah Topik Ahli Sastra
1.1 Mampu mengidentifikasi konsep dasar sastra, genre sastra, hakikat sastra, cabang-cabang ilmu sastra, karakteristik bahasa sastra, teori pendekatan karya sastra.
1.2 Mampu menjelaskan dan memahami konsep dasar sastra, genre sastra, hakikat sastra, karakteristik sastra, dengan pendekatan kesastraan baik struktural maupun terapan.
1.3 Mampu menerapkan dan menjelaskan sejarah, periodisasi, dan perkembangan sastra Indonesia.
1.4 Mampu menganalisis prosa secara  intrinsik dan ekstrinsik, serta mempublikasikan hasil telaah sastra.
1.5 Mampu menganalisis makna puisi, perkembangan puisi Indonesia, klasifikasi puisi, unsur-unsur puisi, dan menganalisisnya sesuai dengan kaidah puisi.
1.6 Mampu menganalisis unsur drama, jenis drama, jenis teater tradisional, sejarah teater Indonesia, dan naskah drama Indonesia.
1.7 Mampu mengkritik unsur sastra dan gendre sastra di Indonesia serta warna lokalnya.
1.8 Mampu menilai ilmu kejiwaan dalam karya sastra.
1.9 Mampu menilai tataran masyarakat dalam karya sastra.
Ranah Topik Penulis Bahasa dan Sastra
1.1 Mampu menciptakan, mengkreasi secara kritis dan analitis baik berupa laporan akademik maupun atrikel ilmiah.
1.2 Mampu menciptakan konsep dasar kreatif, ciri-ciri manusia kreatif, kreativitas, proses penulisan karya sastra, dan praktik penulisan karya sastra.
1.3 Mampu mencipkakan karya kreatif, artikel koran, karya ilmiah, maupun laporan ilmiah.
1.4 Mampu menciptakan penulisan popular dan kiat menulis artikel di media massa; dan
1.5 Mampu menyusun dan mengarang tulisan/berita, feature; teknik menganalisis berita, serta terampil menulis berita dan featur.
Ranah Topik Pendidik Bahasa dan Sastra
1.1 Mampu merancang konsep dasar pendidikan, landasan pendidikan dan aliran-aliran dalam pendidikan;
1.2 Mampu merancang media pembelajaran sebagai sarana tranmisi materi ajar.
1.3 Mampu mengevaluasi dan menilai hasil serta proses pembelajaran yang tepat.
1.4 Mampu menerapkan metode pembelajaran serta melaksanakan evaluasi baik dengan tes maupun nontes pada pengajaran bahasa dan sastra.
1.5 Mampu menerapkan metode pembelajaran mencakup berbicara, mendengar, menulis, dan membaca, serta evaluasi baik dengan tes maupun nontes
1.6 Mampu menerapkan metode pembelajaran bahasa Mandarin mencakup berbicara, mendengar, menulis, dan membaca, serta evaluasi baik dengan tes maupun nontes
  1. BOBOT MATA KULIAH

Bobot SKS = Kedalaman × Keluasan

KODE MATAKULIAH Learning to Know Learning to Do Learning to Be Learning to Live Together Kedalaman Keluasan Bobot
17000101 Pendidikan Kewarganegaraan 1 2 2
17000102 Bahasa Indonesia 1 2 2
17000103 Pendidikan Agama 1 2 2
17000104 Olah Raga/Seni* 1 2 2
17000105 Konservasi Lingkungan* 1 2 2
17000106 Pendidikan Anti Korupsi * 1 2 2
17000107 Kewirausahaan 1 2 2
17000108 Bahasa Inggris/TOEFL 1 2 2
17000109 Pendidikan Pancasila 1 2 2
17000110 Perkembangan Masyarakat dan Kesenian Indonesia 1 2 2
17000111 Pemahaman Lintas Budaya 1 2 2
17000112 Estetika 1 2 2
17000113 Retorika 1 2 2
17000201 Pengantar Linguistik Umum 2 2 4
17000202 Fonologi 2 2 4
17000203 Morfologi 2 2 4
17000204 Sintaksis 2 2 4
17000205 Semantik 2 2 4
17000206 Sosiolinguistik 1 2 2
17000207 Sosiopragmatik 1 2 2
17000208 Psikolinguistik 1 2 2
17000209 Perencanaan Bahasa 1 2 2
17000210 Aliran Linguistik 1 2 2
17000211 Leksikografi 2 2 4
17000212 Wacana 2 2 4
17000213 Menulis 1 (Kemahiran Menulis) 1 2 2
17000214 Menulis 2 (Penulisan Ulasan) 1 2 2
17000215 Menulis 3 (Penulisan Kreatif) 1 2 2
17000216 Menulis 4 (Kewartawanan) 1 2 2
17000217 Menulis 5 (Teknik Penulisan Artikel Ilmiah) 1 2 2
17000218 Penyuntingan I 2 2 4
17000219 Penyuntingan II 2 2 4
17000220 Pengantar Ilmu Sastra 2 2 4
17000221 Sejarah Sastra Indonesia 1 2 2
17000222 Teori Sastra 1 2 2
17000223 Telaah Prosa 2 2 4
17000224 Telaah Puisi 2 2 4
17000225 Telaah Drama 2 2 4
17000226 Sosiologi Sastra 1 2 2
17000227 Psikologi Sastra 1 2 2
17000228 Kritik Sastra 2 2 4
17000229 Apresiasi Sastra 1 2 2
17000230 Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 1 2 4
17000231 Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra 1 2 2
17000232 Pembelajaran Mikro 1 2 2
17000233 Pembelajaran Makro 1 2 2
17000234 Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra 1 2 2
17000235 Tata Persuratan Dinas 1 2 2
17000236 Dasar-dasar Filsafat 1 2 2
17000237 Sejarah Pemikiran 1 2 2
17000238 Kehumasan 1 2 2
17000239 Metode Penelitian 1 2 4
17000240 Seminar Proposal 2 3 4
17000241 Skripsi 2 4 6
17000301 Pembelajaran BIPA 1 2 2
17000302 BahasaMandarin I 1 2 2
17000303 Bahasa Mandarin 2 1 2 2
17000304 Filsafat Bahasa 1 2 2
17000305 TOEFL Preparation 1 1 2 2
17000306 TOEFL Preparation 2 1 2 2

 

 

  1. DESKRIPSI MATA KULIAH DI SETIAP SEMESTER (GANJIL DAN GENAP)
No. Kode MK Mata Kuliah KKNI Deskripsi
1 17000101 Pendidikan Kewarganegaraan Universitas
17000102 Bahasa Indonesia Mata kuliah ini berisi tentang ejaan, diksi, tata kalimat dan tata paragraf serta pengenalan penulisan ilmiah dan nonilmiah baik artikel maupun skripsi.
17000103 Pendidikan Agama Konsep keutuhan dalam Islam. Hakikat manusia dalam Islam. Keimanan dan Ketakwaan. Aqidah, Syariah, Ibadah, Sumber Hukum Islam, Etika Moral dan Akhlak, Iptek dan Seni Dalam Islam
17000104 Olah Raga/Seni* Universitas
17000105 Konservasi Lingkungan* Universitas
17000106 Pendidikan Anti Korupsi * Universitas
17000107 Kewirausahaan Universitas
17000108 Bahasa Inggris/TOEFL Universitas
17000109 Pendidikan Pancasila Universitas
17000110 Perkembangan Masyarakat dan Kesenian Indonesia Mata kuliah ini berisi tentang konsep-konsep keindahan, teori-teori kesenian dan perbedaan pendekatan antara kesenian barat dan timur, sistem kesenian Indonesia, seni-seni tradisional dan semangat seni tradional Indonesia modern, problematika kesenian dan apresiasinya
17000111 Pemahaman Lintas Budaya Mata kuliah ini berisi mengenai pengenalan tentang keaneka ragaman budaya di dunia secara umum khususnya Budaya Indonesia dan pemahaman terhadap nilai-nilai yang berlaku secara global.
17000112 Estetika Mata kuliah ini diproyeksikan untuk memberikan dasar pemahaman kepada mahasiswa tentang hakikat dan prinsip-prinsip keindahan, terutama yang tertuang dalam karya seni. Dalam perkuliahan ini dibahas tentang (1) prinsip dan hakikat estetika, (2) estetika dalam karya seni, dan (3) kajian estetika dalam kehidupan sehari-hari.
17000113 Retorika Mata kuliah ini berisi tentang teknik berorasi/berpidato dengan keterampilan public speaking khususnya di bidang bahasa dan sastra, serta memilih kata yang tepat dan sesuai dengan konteks dan situasinya.
17000201 Pengantar Linguistik Umum Mata kuliah ini berisi tentang pengertian sistem bahasa, objek kajian linguistik dan bidang-bidang interdisipliner, pengertian fonologi dan objek kajiannya, klasifikasi bunyi dan pemetaannya, identifikasi unsur bunyi segmental dan suprasegmental, kajian morfologi, klasifikasi morfem bebas dan morfem terikat, kajian kelas kata, kata benda, kata sifat, kata kerja, kajian objek kajian sintaksis, hierarki gramatikal, dan mengklasifikasikan jenis kalimat, pengertian dan objek semantik, jenis makna dan relasi makna, medan makna dan komponen makna, tokoh-tokoh linguistik dan alirannya, memetakan aliran tradisional, strukturalisme dan transformasionalis.
17000202 Fonologi Mata kuliah ini berisi tentang tata bunyi, vokal dan konsonan, variasi bunyi, segmental, suprasegmental, manfaat fonologi dalam penyusunan ejaan bahasa Indonesia
17000203 Morfologi Mata kuliah ini berisi tentang pengertian morfofonemnik, urutan afiksasi, kategori dan transposisi, bentuk, fungsi, dan makna afiksmakna prefiks ber-, prefiks meng-, di-, ke-; per-, peng-, se-, ter-, sisipan –an, -anda, i, -kan, -wan, -in, dan an, imbuhan terbelah, nonterbelah, kategori adjektiva, ciri perilaku semantisnya, perilaku sintaksisnya, kategori adverbia, adverbia tunggal, gabungan, dan perilaku sintaksisnya, morfofonemikafiks nomina, morfologi dan semantis nomina turunan, serta kontras antarnomina
17000204 Sintaksis Mata kuliah ini berisi tentang struktur sintaksis serta satuan-satuannya, bentuk wacana, jenis dan unsur-unsur wacana, jenis kalimat dan pola kalimat serta analis berdasarkan fungsi, makna, dan kategori kata, analisis hubungan klausa koordinatif dan subkoordinatif, analisis jenis frasa, bentuk frasa, jenis dan unsur-unsur frasa, analisis kelas, fungsi, dan kategori kata.
17000205 Semantik Mata kuliah ini berisi tentang pengertian dan perbedaan ruang lingkup semantik, konsep makna, bentuk dan referen dalam bahasa Indonesia, makna, sinonim, antonimi, homonimi dan hiponimi bahasa Indonesia, polisemi, metonomia dan dapat menganalisis komponen semantik dalam bahasa Indonesia, teori semantik dan mampu menganalisis yang berkaitan dengan semantik.
17000206 Sosiolinguistik Mata kuliah ini berisi tentang masyarakat tutur, variasi bahasa, kedwibahasaan dan diglosia, sikap bahasa, pergeseran bahasa dan pemertahanannya, etnografi sebagai sarana komunikasi, pemakaian bahasa dalam konteks sosial dan budaya.
17000207 Sosiopragmatik Mata kuliah ini berisi tentang definisi sosiopragmatik, sejarah dan latar belakang lahirnya sosiopragmatik, perbedaan titik sorot sosiopragmatik, semantik dan linguistik struktural, teori tindak tutur, komponen tindak tutur, terhadap ujaran, komponen peristiwa tutur, perbedaan deiksis persona, deiksis tempat, deiksis waktu, dan deiksis sosial, pengertian kerja sama percakapan Greice, pengertian implikatur, jenis implikatur, praanggapan, dan perikutan, serta aplikasinya dalam latar, situasi, dan tingkatan sosial penggunaannya.
17000208 Psikolinguistik Mata kuliah ini pengertian psikologi sastra, asal-usul psikologi sastra, macam-macam kajian psikologi sastra, objek psikoanalisa, dan semua unsur yang berhubungan dengan kajian karya sastra dengan sikap/karakter para tokohnya, penerapan kajian psikologi sastra terhadap berbagai macam karya sastra Indonesia.
17000209 Perencanaan Bahasa Mata kuliah ini berisi tentang garis haluan, strategi dan rancangan alternatif, pelaksanaan pengembangan sandi bahasa, pemakaian bahasa, fungsi politik bahasa nasional, fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia, fungsi sosiolinguistik bahasa, bahasa perhubungan luas, bahasa untuk tujuan khusus, bahasa dalam dunia pendidikan, masalah bahasa nasional, bahasa daerah dan bahasa asing, serta praktik perencanaan bahasa.
17000210 Aliran Linguistik Mata kuliah ini mempelajari studi ilmiah kebahasaan, teori kebahasaan, linguistik sinkronik dan diakronik, struktural, dan migrasi bahasa.
17000211 Leksikografi Mata kuliah ini berisi tentang definisi leksikografi, jenis-jenis leksikografi, pengertian leksikografi dan istilah, sejarah perkamusan, fungsi dan tujuan leksikografi, studi referensi, kegunaan kamus, terjemahan dan penyusunan kamus, fungsi ejaan dalam penyusunan kamus, kata dan istilah, istilah umum dan istilah khusus, sejarah peristilahan Indonesia, persyaratan pemilihan kosakata, langkah-langkah pembentukan istilah, perubahan makna leksikal komponen makna leksikal ketaksaan dan nilai rasa kata, latar belakang penyusunan kamus, korpus data, sumber data, pengumpulan data, pengolahan data, definisi lesikografis, sinonim, definisi logis, definisi ensiklopedis, penyajian kamus, penentuan entri, dan penyusunan kamus.
17000212 Wacana Mata kuliah ini berisi cakupan wacana,  pembeda wacana, mengidentifikasikan unsur-unsur eksternal wacana, menjelaskan kohesi dan koherensi wacana dan struktur wacana, keutuhan struktur wacana, menandai aspek koherensi  mengidentifikasi tema, topik, dan judul mempraktikkan proses topikalisasi, metode pragmalinguistik dan konten, serta dengan metode deksriptif teori bahasa antara teks dan konteks, referensi dan inferensi dalam kewacanaan, serta praktik analisis wacana
17000213 Menulis 1 (Kemahiran Menulis) Mata kuliah ini berisi tentang teoretis dan praktis penulisan dengan jenis paparan deskriptif, ekspositoris, argumentatif, naratif, dan persuasif, kritis tipe, gaya, dan tata permainan bahasa tulis terkait dengan dunia akademik dan dunia profesi, penulisan ditinjau dari tipe, gaya, dan tata permainannya, pertalian erat antara tindak penulisan dan etika ilmiah.
17000214 Menulis 2 (Penulisan Ulasan) Mata kuliah ini berisi tentang penilaian sebuah karya, teknik mengulas, kerangka penulisan ulasan, praktik mengulas.
17000215 Menulis 3 (Penulisan Kreatif) Mata Kuliah ini berisi tentang penjelasan berbagai manfaat menulis bagi dirinya sebagai modal yang harus dimiliki penulis berupa kekayaan bahasa, imajinasi, wawasan, kepekaan perasaan, dan kepekaan terhadap lingkungan melalui praktik bermetafora dengan alam, olah sukma, menuliskan sinonim/antonim kata, serta berbagai hasil amatan terhadap lingkungan
17000216 Menulis 4 (Kewartawanan) Mata kuliah ini berisi tentang hubungan antara bahasa, bentuk-bentuk tata permainan bahasa kewartawanan, dan profesi wartawan, gaya, dan tata permainan bahasa kewartawanan, penulisan, jurnalistik/kewartawanan ditinjau dari tipe, gaya, dan tata permainannya, etika jurnalistik, dan kode etik jurnalistik.
17000217 Menulis 5 (Teknik Penulisan Artikel Ilmiah) Mata kuliah ini berisi tentang penulisan karya ilmiah, format penulisan, proses berpikir deduktif, induktif yang tercermin dalam karya ilmiah, ciri karangan ilmiah, langkah penulisan karya ilmiah artikel jurnal.
17000218 Penyuntingan I Mata kuliah ini berisi tentang, praktik penyuntingan bahasa, baik ejaan, kata, diksi, frasa, kalimat, paragraf, maupun wacana sehingga mahasiswa mampu menyunting berbagai naskah dengan berpola pada aturan universal maupun selingkung
17000219 Penyuntingan II Mata kuliah ini lanjutan dari mata kuliah penyuntingan 1 berisi tentang, praktik penyuntingan bahasa, baik ejaan, kata, diksi, frasa, kalimat, paragraf, maupun wacana sehingga mahasiswa mampu menyunting berbagai naskah dengan berpola pada aturan universal maupun selingkung
17000220 Pengantar Ilmu Sastra Mata kuliah ini berisi tentang pengertian ilmu sastra, teori sastra, kritik sastra, dan sejarah sastra sebagai cabang ilmu sastra, kajian sastra berdasarkan jenis, isi, bentuk, tema, pengertian kritik sastra, dasar-dasar kritik sastra, dan terapan kritik sastra Indonesia, dasar-dasar pengertian teori sastra dan aliran sastra modern.
17000221 Sejarah Sastra Indonesia Mata kuliah ini berisi tentang pengertian, hakikat dan kedudukan sejarah sastra Indonesia, periodisasi sejarah sastra Indonesia, konsep sejarah sastra Indonesia, membuat pemetaan sejarah sastra Indonesia.
17000222 Teori Sastra Mata kuliah ini berisi tentang pengertian ilmu sastra, teori sastra, kritik sastra, dan sejarah sastra sebagai cabang ilmu sastra, karya sastra berdasarkan jenis, isi, bentuk, tema, pengertian kritik sastra, dasar-dasar kritik sastra, dan terapan kritik sastra Indonsia, pengertian teori sastra dan aliran sastra modern
17000223 Telaah Prosa Mata kuliah berisi tentang pengertian/ hakikat prosa, penelaahan struktur prosa, mencakup tokoh, alur, latar, tema, dan sudut pandang, kepengarangan, serta telaah prosa kaitannya dengan ilmu lain (terapan). Telaah prosa sebagai ilmu, genre sastra yaitu prosa, puisi dan drama, unsur intrinsik dan ekstrinsik prosa, dan telaah karakter (psikologi prosa), serta sosiologi dalam prosa.
17000224 Telaah Puisi Mata kuliah ini berisi tentang pengertian, unsur-unsur dan jenis-jenis puisi, jenis puisi tradisional, dan puisi modern, menjelaskan dan mengapresiasikan karya puisi, penulisan naskah puisi dan dapat menganalisisnya baik puisi tradisional maupun puisi modern, penganalisisan puisi tradisioanl maupun modern.
17000225 Telaah Drama Mata kuliah ini berisi tentang pengertian drama, unsur-unsur drama sebagai karya sastra, jenis-jenis drama, jenis-jenis teater tradisional yang ada di Indonesia, kritik drama baik naskah maupun panggung
17000226 Sosiologi Sastra Mata kuliah ini berisi tentang hakikat dan kedudukan sosilogi sastra dalam studi ilmu-ilmu sastra, hubungan antara sosiologi dan sastra, hubungan telaah sastra dengan pengarang, pelaporan hasil analisis dan telaah sastra.
17000227 Psikologi Sastra Mata kuliah ini pengertian psikologi sastra, asal-usul psikologi sastra, macam-macam kajian psikologi sastra, objek psikoloanalisa, dan semua unsur yang berhubungan dengan kajian karya sastra dengan sikap/karakter para tokohnya, menerapkan kajian psikologi sastra terhadap berbagai macam karya sastra Indonesia.
17000228 Kritik Sastra Mata kuliah ini berisi tentang kritik impresionistik dan kritik akademik. Kritik judisial dan kritik induktif. Kritik sastrawan dan metode ganzheit. Kritik sastra feminisme dalam sastra Indonesia.
17000229 Apresiasi Sastra Mata kuliah ini berisi tentang mengapresisaikan suatu karya dalam bentuk drama, karya, film dan video.
17000230 Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Mata kuliah ini berisi tentang landasan pengajaran bahasa dan sastra yang berkaitan dengan Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Selain itu hal yang berkaitan dengan desain kurikulum baik makro maupun mikro.
17000231 Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Mata kuliah ini berisi tentang konsep media pembelajaran bahasa dan sastra, pengembangan, dan memilih serta, menganalisis berbagai media pembelajaran bahasa dan sastra untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran bahasa dan sastra.
17000232 Pembelajaran Mikro Mata kuliah ini berisi tentang desain langkah-langah pembelajaran bentuk mikro pembelajaran dalam mengajarkan kemahiran berbahasa Indonesia
17000233 Pembelajaran Makro Mata kuliah ini berisi tentang desain kurikulum pengajaran mencakup makro pembelajaran bahasa kemahiran berbahasa Indonesia.
17000234 Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Mata kuliah ini berisi tentang teknik evaluasi dalam pembelajaran, baik yang bersifat ujian maupun nonujian pendidikan bahasa, dan teknik-teknik konstruksi tes bahasa.
17000235 Tata Persuratan Dinas Mata kuliah ini berisi tentang jenis-jenis surat, format surat dinas, bagian-bagian surat dinas, pemakaian bahasa dalam surat dinas dan praktik pembuatan surat.
17000236 Dasar-dasar Filsafat Mata kuliah ini berisi penjelasan tentang wawasan, kebenaran melalui perspektif ilmu filsafat, ilmu pengetahuan yang tidak bebas nilai, dan semua cabang ilmu pengetahuan memiliki kedudukan yang sejajar, pengertian filsafat, objek filsafat, metode filsafat, peranan dan tujuan filsafat, cabang-cabang filsafat, yaitu epistemologi, metafisik, logika, etika, dan estetika aliran-aliran filsafat, mencakup idealisme, rasionalisme, dan materialisme, hubungan filsafat dengan ilmu-ilmu lain.
17000237 Sejarah Pemikiran Mata kuliah ini berisi tentang pengertian dan sejarah munculnya Islam modern, pendekatan pemikiran modern, faham dinamisme, modernisasi pendidikan, menuju teologi pembebasan, tradisionalisme sekulerisme, rasional, kosmopolitan, perkembangan dan peta pemikiran modern dunia dan Indonesia serta memberikan apresiasi terhadap pemikiran-pemikiran tersebut.
17000238 Kehumasan Mata kuliah ini berisi tentang manajemen kehumasan, promosi produk baik barang maupun jasa dan rancangan tahapan kerjanya. Membuat konsep-konsep pemasaran dan model-model promosi produk, serta mampu menyusun proposal manajemen kehumasan secara efektif.
17000239 Metode Penelitian Mata kuliah ini berisi tentang batasan penelitian, jenis penelitian yang sesuai dengan ilmu humaniora, langkah-langkah kerja dalam penelitian, metode ilmiah, kajian kepustakaan, sistem perujukan, penyusunan daftar pustaka, pembuatan abstrak dan rancangan penyusunan proposal penelitian baik dalam bidang bahasa maupun sastra
17000240 Seminar Proposal Mata kuliah ini berisi tentang pengertian dan perbedaan ruang lingkup semantik, konsep makna, bentuk dan referen dalam bahasa Indonesia, makna, sinomim, antonimi, homonimi dan hiponimi bahasa Indonesia, polisemi, metonomia dan dapat menganalisis komponen semantik dalam bahasa Indonesia, teori semantik dan mampu menganalisis yang berkaitan dengan simantik.
17000241 Skripsi
17000301 Pembelajaran BIPA Mata kuliah ini berisi tentang desain kurikulum pengajaran mencakup SILABUS, SAP, dan RPP untuk mengajarkan kemahiran berbahasa Indonesia tentang berbicara, mendengar, menulis, dan membaca untuk penutur asing.
17000302 BahasaMandarin I Mata kuliah ini berisi tentang deskripsi dan penjelasan pola kalimat sederhana bahasa Mandarin tingkat dasar yang penekanannya pada verba dan perubahannya, dilengkapi dengan pengenalan kosa-kata dan ungkapan yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari
17000303 Bahasa Mandarin 2 Mata kuliah ini lanjutan dari Bahasa Mandarin 1 berisi tentang deskripsi dan penjelasan pola kalimat sederhana bahasa Mandarin tingkat dasar yang penekanannya pada verba dan perubahannya, dilengkapi dengan pengenalan kosa-kata dan ungkapan yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari
17000304 Filsafat Bahasa Mata kuliah ini berisi tentang pengenalan perspektif kritis filsafat bahasa, konsep umum mengenai filsafat bahasa yang mencakup pengertian, ruang lingkup, dan orientasi filsafat bahasa, mengkaji/menganalisis ungkapan bahasa untuk bekal sebagai profesional yang etis. Sesuai dengan profesionalismenya
17000305 TOEFL Preparation 1 Mata kuliah ini berisi skill-skill akademik, yaitu listening, speaking, reading, writing dan structure yang dibutuhkan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan soal-soal TOEFL dan strategi-strategi dalam mengikuti tes yang bertujuan membantu mahasiswa meningkatkan skor TOEFL.
17000306 TOEFL Preparation 2 Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari TOEFL Preparation I (Persiapan TOEFL I) yang memberikan orientasi umum bagi mahasiswa terhadap TOEFL dan juga review pada skill-skill akademik tingkat lanjut, yaitu listening, speaking, reading, writing dan structure yang dibutuhkan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan soal-soal TOEFL dan strategi-strategi dalam mengikuti tes yang bertujuan membantu mahasiswa meningkatkan skor TOEFL.
  1. DISTRIBUSI MATA KULIAH PER SEMESTER
Semester 1
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 17000101 Pendidikan Kewarganegaraan 2 Wajib Universitas
2 17000102 Bahasa Indonesia 2 Wajib Universitasa
3 17000103 Pendidikan Agama 2 Wajib Univeraitas
4 17000110 Perkembangan Masyakat dan Kesenian Indonesia 2 Wajib Program Studi
5 17000201 Pengantar Linguistik Umum 4 Wajib Program Studi
6 17000220 Pengantar Ilmu Sastra 4 Wajib Program Studi
7 17000221 Sejarah Sastra Indonesia 2 Wajib Program Studi
8 17000236 Dasar-Dasar Filsafat 2 Wajib Program Studi
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-1 20
Semester 2
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 17000104 Olah Raga Seni ** 2 Pilihan Universitas
2 17000105 Konservasi Lingkungan ** Pilihan Universitas
3 17000106 Pendidikan Antikorupsi** Pilihan Universitas
4 17000107 Kewirausahaan 2 Wajib Universitas
5 17000109 Pendidikan Pancasila 2 Wajib Universitas
6 17000111 Pemahaman Lintas Budaya 2 Wajib Program Studi
7 17000202 Fonologi 4 Wajib Program Studi
8 17000213 Menulis 1 (Kemahiran Menulis) 2 Wajib Program Studi
8 17000222 Teori Sastra 2 Wajib Program Studi
10 17000223 Telaah Prosa 4 Wajib Program Studi
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-2 20
Semester 3
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 17000203 Morfologi 4 Wajib Program Studi
2 17000206 Sosiolinguistik 2 Wajib Program Studi
3 17000209 Perencanaan Bahasa 2 Wajib Progam Studi
4 17000210 Aliran Linguistik 2 Wajib Program Studi
5 17000214 Menulis 2 ( Penulisan Ulasan) 2 Wajib Program Studi
6 17000224 Telaah Puisi 4 Wajib Program Studi
7 17000226 Sosiologi Sastra 2 Wajib Program Studi
8 17000230 Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra 4 Wajib Program Studi
9 17000235 Tata Persuratan Dinas 2 Wajib Program Studi
10 17000305 T0EFL Preparation 1** 2 Pilihan Program Studi
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-3 24
Semester 4
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 17000108 Bahasa Inggris/TOEFL 2 Wajib Universitas
2 17000204 Sintaksis 4 Wajib Program Studi
3 17000207 Sosiopragamtik 2 Wajib Program Studi
4 17000208 Psikolinguistik 2 Wajib Program Studi
5 17000212 Wacana 4 Wajib Program Studi
6 17000215 Menulis 3 (Penulisan Kreatif) 2 Wajib Program Studi
7 17000225 Telaah Drama 4 Wajib Program Studi
8 17000227 Psikologi Sastra 2 Wajib Program Studi
9 17000231 Media Pembelajaran Bahasa 2 Wajib Program Studi
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-4 24
Semester 5
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 17000205 Semantik 4 Wajib Program Studi
2 17000211 Leksikografi 4 Wajib Program Studi
3 17000112 Estetika 2 Wajib Program Studi
4 17000216 Menulis 4 (Kewartawanan) 2 Wajib Program Studi
5 17000218 Penyuntingan 1 4 Wajib Program Studi
6 17000228 Kritik Sastra 4 Wajib Program Studi
7 17000232 Pembelajaran Mikro 2 Wajib Program Studi
8 17000237 Sejarah Pemikiran 2 Wajib Program Studi
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-5 24
Semester 6
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 17000217 Menulis 5 (Teknik Penulisan Artikel Ilmiah) 2 Wajib Program Studi
2 17000219 Penyuntingan 2 4 Wajib Program Studi
3 17000229 Apresiasi Sastra 2 Wajib Program Studi
4 17000232 Pembelajaran Makro 2 Wajib Program Studi
5 17000239 Metode Penelitian 4 Wajib Program Studi
6 17000301 Pembelajaran BIPA** 2 Pilihan Program Studi
7 17000302 Bahasa Mandarin 1** 2 Pilihan Program Stud
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-6 16
Semester 7
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 17000113 Retorika 2 Wajip Program Studi
2 17000234 Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra 2 Wajip Program Studi
3 17000239 Kehumasan 2 Wajip Program Studi
4 17000240 Seminar Proposal 4 Telah Liulus Metode Penelitian
5 17000303 Bahasa Mandarin 2** 2 Pilihan Program Studi
6 17000304 Filsafat Bahasa** 2 Pilihan Program Studi
7 17000306 TOEFL Preparation 2* 2 Pilihan Program Studi
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-7 10
Semester 8
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 17000241 Skripsi 6 Telah Liulus Metode Penelitian dan minimal telah memiliki 122 sks
7
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-8 6
No. Semester Jumlah SKS per Semester Keterangan
1 Ke-1 (Ganjil) 20
2 Ke-2 (Genap) 20
3 Ke-3 (Ganjil) 24
4 Ke-4 (Genap) 24
5 Ke-5 (Ganjil) 24
6 Ke-6 (Genap) 18
7 Ke-7 (Ganjil) 10
8 Ke-8 (Genap) 6
Jumlah SKS yang wajib diambil dalam 8 Semester 146
  1. PEMETAAN KONVERSI MATA KULIAH DARI KBK KE KPT-SNPT
No Kode Mata Kuliah KBK SKS Kode Mata Kuliah KPT SNPT SKS
Pembentukan Karakter
1 00000101 Pendidikan Kewarganegaraan 2 17000101 Pendidikan Kewarganegaraan 2
2     17000109 Pendidikan Pancasila 2
3 00000102 Bahasa Indonesia 2 17000102 Bahasa Indonesia 2
4 00000103 Agama 2 17000103 Agama 2
5 00000104 Olah Raga/Seni*   17000104 Olah Raga/Seni*
6 00000105 Konservasi Alam dan Lingkungan* 2 17000105 Konservasi Alam dan Lingkungan* 2
7 00000106 Pendidikan Antikorupsi *   17000106 Pendidikan Antikorupsi *
8 00000107 Kewirausahaan 2 17000107 Kewirausahaan 2
9 00000108 Bahasa Inggris/TOEFL 2 17000108 Bahasa Inggris/TOEFL 2
12 14
Kecakapan Hidup
10 03012207 Perkembangan Masyarakat dan Kesenian Indonesia 4 17000110 Perkembangan Masyarakat dan Kesenian Indonesia 2
11 03045203 Pemahaman Lintas Budaya 2 17000111 Pemahaman Lintas Budaya 2
12 03015705 Estetika 2 17000112 Estetika 2
13 03013711 Retorika 2 17000113 Retorika 2
10 8
Linguitik Indonesia
14 03012101 Pengantar Linguistik Umum 4 17000201 Pengantar Linguistik Umum 4
15 03012205 Fonologi Bahasa Indonesia 4 17000202 Fonologi 4
16 03012309 Morfologi Bahasa Indonesia 4 17000203 Morfologi 4
17 03012414 Sintaksis Bahasa Indonesia 4 17000204 Sintaksis 4
18 03012517 Semantik Bahasa Indonesia 4 17000205 Semantik 4
19 03012311 Sosiolinguistik 4 17000206 Sosiolinguistik 2
20 03012310 Pragmatik Bahasa Indonesia 2 17000207 Sosiopragmatik 2
21 03012415 Psikolinguistik 2 17000208 Psikolinguistik 2
22 03014203 Perencanaan Bahasa 2 17000209 Perencanaan Bahasa 2
23 03012519 Aliran-Aliran Linguistik 2 17000210 Aliran Linguistik 2
24 03013303 Leksikografi 4 17000211 Leksikografi 4
25 03013404 Analisis Wacana 4 17000212 Wacana 4
   38 36
Penelitian Bahasa dan Sastra
26 03044201 Dasar-dasar Filsafat dan Logika 2 17000236 Dasar-dasar Filsafat 2
27 03014605 Sejarah Pemikiran Modern 2 17000237 Sejarah Pemikiran 2
28 03012622 Metode Penelitian Bahasa dan Sastra 4 17000239 Metode Penelitian 4
29 03012724 Seminar Praskripsi Bahasa dan Sastra 4 17000240 Seminar Proposal 4
30 03012825 Skripsi 6 17000241 Skripsi 6
31 03044202 Filsafat Bahasa*  2 17000304 Filsafat Bahasa* 2
20 20
Kritik Sastra Indonesia
32 03012102 Pengantar Ilmu Sastra 4 17000220 Pengantar Ilmu Sastra 4
03012104 Sej-arah Sastra Indonesia 2 17000221 Sejarah Sastra Indonesia 2
33 03012103 Teori Sastra 4 17000222 Teori Sastra 2
34 17000229 Apresiasi Sastra 2
35 03012308 Telaah Puisi Indonesia 4 17000224 Telaah Puisi 4
36 03012313 Telaah Drama Indonesia 4 17000225 Telaah Drama 4
37 03012312 Sosiologi Sastra 2 17000226 Sosiologi Sastra 2
38 03012416 Psikologi Sastra 2 17000227 Psikologi Sastra 2
39 03012518 Kritik Sastra 4 17000228 Kritik Sastra 4
40 03012206 Telaah Prosa Indonesia 4 17000230 Telaah Prosa 4
30 30
Penulisan Ilmiah dan Kreatif
41 03013101 Kemahiran Menulis 2 17000213 Menulis 1 (Kemahiran Menulis) 2
42 03015706 Menulis Ulasan 2 17000214 Menulis 2 (Penulisan Ulasan) 2
43 03013610 Penulisan Kreatif 2 17000215 Menulis 3 (Penulisan Kreatif) 2
44 03015102 Kewartawanan 2 17000216 Menulis 4 (Kewartawanan) 2
45 03013405 Penulisan Ilmiah 2 17000217 Menulis 5 (Teknik Penulisan Artikel Ilmiah 2
46 03015604 Penyuntingan 4 17000218 Penyuntingan I 4
47 17000219 Penyuntingan II 4
48 03015101 Tata Persuratan Dinas 2 17000235 Tata Persuratan Dinas 2
49 03015503 Kehumasan 2 17000238 Kehumasan 2
50 03023402 Bahasa Inggris Persiapan Toefl I** 2 17000305 TOEFL Preparation 1** 2
51 03023503 Bahasa Inggris Persiapan Toefl II** 2 17000306 TOEFL Preparation 12** 2
22 22
Pendidikan Bahasa dan Sastra
52 03012520 Dasar-dasar Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 2 17000230 Perencaaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 4
53 03012621 Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra 4 17000231 Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra 2
54   17000232 Pembelajaran Mikro 2
55 03015707 Praktik Mengajar Bahasa dan Sastra 4 17000233 Pembelajaran Makro 4
56 03012723 Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra 2 17000234 Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra 2
57 03013508 Pembelajaran BIPA** 2 17000301 Pembelajaran BIPA* 2
58 03043112 Bahasa Jepang Praktis I** 2 17000302 Bahasa Mandarin I** 2
59 03043213 Bahasa Jepang Praktis II** 2 17000303 Bahasa Mandarin II** 2
60 082020205 Pengantar Teknologi Informasi** 2
61 03043113 Bahasa Italia Praktis I ** 2
62 03043214 Bahasa Italia Praktis 2** 2
18 20
Total Jumlah SKS di KBK 144 Total Jumlah SKS di KPT SNPT 146
  1. PEMETAAN KOMPETENSI PENUNJANG LANGSUNGKOMPETENSI PENUNJANG TAMBAHAN, DAN KOMPETENSI PENUNJANG PELENGKAP
No Jenis Kompetensi Nama Sertifikasi
KPL KPT KPP
1 UKBI, Penyuntingan, Penulisan Kreativ
2 Retorika, Menulis 4, Estetika ,Seminar, Kehumasan, Tata Persuratan Dinas, Telaah Puisi, Telaah Prosa, Telaah Drama, Toefl Parapration 1 dan 2, Bahasa Inggris TOEFL
3 Kegiatan Ekstrakurikuler, Karakter Building, Seminar, Diskusi, dan Panitia
  1. MATA KULIAH YANG DIRANCANG SEBAGAI PENYETARAAN SERTIFIKASI KOMPETENSI
No. Mata Kuliah Yang Korelatif Uji Kompetensi
1 Bahasa Indonesia
2 Fonologi
3 Morfologi UKBI
3 Sintaksis
4 Semnatik
5 Penyuntingan 1
6 Penyuntingan 2 Penyuntingan
7 Bahasa Indonesia
9 Kemahiran Menulis
10 Menulis Ulasan Penulisan Kreatif
11 Menulis Kreatif
12 Retorika
13 Menulis 4 Presentasi
14 Estetika
15 Seminar Pemakalah
16 Kehumasan Kepanitiaan
17 Tata Persuratan Dinas
18 Telaah Puisi
19 Telaah Prosa Perlombaan
20 Telaah Drama
21 Toefl Parapration 1
22 Toefl Parapration 2 TOEFL
23 Bahasa Inggris TOEFL
24 Kegiatan Ekstrakurikuler Pelatihan (LKM)
25 Kegiatan Ekstrakurikuler Karakter Building
26 Kegiatan Ekstrakurikuler Peserta Kegiatan
27 Kegiatan Ekstrakurikuler Kegiatan Lain Bersertifikat
  1. PEMETAAN RELEVANSI DOSEN PENGAMPU DENGAN MATA KULIAH
No Kode Mata Kuliah Program Studi di KPT SNPT SKS Kualifikasi Dosen Pengampu
1 17000101 Pendidikan Kewarganegaraan 2 Minimal S2 Ilmu Sosial
2 17000109 Pendidikan Pancasila 2 Minimal S2 Ilmu Sosial
3 17000102 Bahasa Indonesia 2 S2/S3 Bahasa Indonesia
4 17000103 Pendidikan Agama 2 Minimal S2 Agama
5 17000104 Olah Raga/Seni* Ahli di Bidang olah raga
6 17000105 Konservasi Alam dan Lingkungan* 2 Minimal S2 Lingkungan
7 17000106 Pendidikan Antikorupsi * Inimal S2 Ilmu Hukum
8 17000107 Kewirausahaan 2 Inimal S2 Ilmu Sosial
9 17000108 Bahasa Inggris/TOEFL 2 S2/S3 Bahasa Inggris
Kecakapan Hidup
10 17000110 Perkembangan Masyarakat dan Kesenian Indonesia 2 Minimal S2 Humaniora
11 17000111 Pemahaman Lintas Budaya 2 Minimal S2 Humaniora
12 17000112 Estetika 2 Minimal S2 Humaniora
13 17000113 Retorika 2 Minimal S2 Humaniora/Kehumasan
Linguitik Indonesia
14 17000201 Pengantar Linguistik Umum 4 Minimal S2 Bahasa Indonesia
15 17000202 Fonologi 4 Minimal S2 Bahasa Indonesia
16 17000203 Morfologi 4 Minimal S2 Bahasa Indonesia
17 17000204 Sintaksis 4 Minimal S2 Bahasa Indonesia
18 17000205 Semantik 4 Minimal S2 Bahasa Indonesia
19 17000206 Sosiolinguistik 2 S2/S3 Bahasa Indonesia
20 17000207 Sosiopragmatik 2 S2/S3 Bahasa Indonesia
21 17000208 Psikolinguistik 2 Minimal S2 Bahasa Indonesia
22 17000209 Perencanaan Bahasa 2 Minimal S2 Bahasa Indonesia
23 17000210 Aliran Linguistik 2 Minimal S2 Bahasa Indonesia
24 17000211 Leksikografi 4 S2/S3 Bahasa Indonesia
25 17000212 Wacana 4 Minimal S2 Bahasa Indonesia
Penelitian Bahasa dan Sastra
25 17000236 Dasar-dasar Filsafat 2 Minimal S2 Filsafat
26 17000237 Sejarah Pemikiran 2 Minimal S2 Filsafat
27 17000239 Metode Penelitian 4 Minimal S2 Bahasa Indonesia
28 17000240 Seminar Proposal 4 Minimal S2 Bahasa Indonesia
29 17000241 Skripsi 6 Minimal S2 Bahasa Indonesia
30 17000304 Filsafat Bahasa* 2 Minimal S2 Filsafat
Kritik Sastra Indonesia
31 17000220 Pengantar Ilmu Sastra 4 Minimal S2 Bidang Sastra
32 17000221 Sejarah Sastra Indonesia 2 Minimal S2 Bidang Sastra
33 17000222 Teori Sastra 2 Minimal S2 Bidang Sastra
34 17000229 Apresiasi Sastra 2 Ahli di Bidang Sastra
35 17000224 Telaah Puisi 4 Minimal S2 Bidang Sastra
36 17000225 Telaah Drama 4 Minimal S2 Bidang Sastra
37 17000226 Sosiologi Sastra 2 Minimal S2 Bidang Sastra
38 17000227 Psikologi Sastra 2 Minimal S2 Bidang Sastra
39 17000228 Kritik Sastra 4 Minimal S2 Bidang Sastra
40 17000230 Telaah Prosa 4 Minimal S2 Bidang Sastra
Penulisan Ilmiah dan Kreatif
41 17000213 Menulis 1 (Kemahiran Menulis) 2 Minimal S2 Bahasa dan Sastra
42 17000214 Menulis 2 (Penulisan Ulasan) 2 Minimal S2 Bahasa dan Sastra
43 17000215 Menulis 3 (Penulisan Kreatif) 2 Ahli di Bidang Kekretatifan
44 17000216 Menulis 4 (Kewartawanan) 2 Ahli di Bidang Jurnalistik
45 17000217 Menulis 5 (Teknik Penulisan Artikel Ilmiah 2 Minimal S2 Bahasa dan Sastra
46 17000218 Penyuntingan I 4 Minimal S2 Ilmu Bahasa
47 17000219 Penyuntingan II 4 Minimal S2 Ilmu Bahasa
48 17000235 Tata Persuratan Dinas 2 Minimal S2
49 17000238 Kehumasan 2 Minimal S2 Kehumasan
50 17000305 TOEFL Preparation 1** 2 Minimal S2 Bahasa Inggris
51 17000306 TOEFL Preparation 12** 2 Minimal S2 Bahasa Inggris
Pendidikan Bahasa dan Sastra
52 17000230 Perencaaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 4 Minimal S2 Pendidikan Bahasa
53 17000231 Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra 2 Minimal S2 Pendidikan Bahasa
54 17000232 Pembelajaran Mikro 2 Minimal S2 Pendidikan Bahasa
55 17000233 Pembelajaran Makro 4 Minimal S2 Pendidikan Bahasa
56 17000234 Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra 2 Minimal S2 Pendidikan Bahasa
57 17000301 Pembelajaran BIPA* 2 Minimal S2 Pendidikan Bahasa
58 17000302 Bahasa Mandarin I** 2 Minimal S1 Bahasa Mandarin
59 17000303 Bahasa Mandarin II** 2 Minimal S1 Bahasa Mandarin
  1. RENCANA PENGEMBANGAN KUALIFIKASI DAN KOMPETENSI BIDANG ILMU DOSEN: STUDI LANJUT S3/PASCA DOKTORAL

Rencana Pengembangan S2 ke S3

No. Nama Dosen Tetap S2 S3
Universitas Bidang Ilmu Universitas Bidang Ilmu Tahun
1 Somadi UNJ BAHASA UNPAD/UI Bahasa 2021
2 Sukirno UNINDRA BAHASA UNPAD/UI Bahasa 2023
3 Arju Susanto UNINDRA SASTRA UNPAD/UI Bahasa 2024
4 Iskandarsyah USU BAHASA USU Bahasa 2020

Rencana Penguatan Ilmu Pascadoktor

No. Nama Dosen Tetap S3 Post-Doctoral
Universitas Bidang Ilmu Tahun Universitas Tahun
1 Somadi UNPAD/UI Humaniora 2019
2 Iskandarsyah USU Humanira 2018
3 Arju Susanto UNPAD/UI Humaniora 2019
4 Sukirno UNPAD/UI Humaniora 2019
  1. PEMETAAN PENUNJANG MATA KULIAH: BUKU TEXT/REFERENSI MATA KULIAH/LABORATORIUM
No. Kode Mata Kuliah Program Studi di KPT SNPT SKS Buku/Jurnal/Diktat

(Koleksi di Cyber Library UNAS)

Software (Piranti Lunak) Laboratorium
1 17000101 Pendidikan Kewarganegaraan 2 Cari di gogle
2 17000109 Pendidikan Pancasila 2
3 17000102 Bahasa Indonesia 2 Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi (Kementrian Riset,2016), Bahasa Indonesia Dasar-dasar Pengembangan Kepribadian (Kasno,2017),

Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (Arifi, Tasai, 2016)

Modul

Buku

Buku

4 17000103 Pendidikan Agama 2
5 17000104 Olah Raga/Seni* 2
6 17000105 Konservasi Alam dan Lingkungan* 2
7 17000106 Pendidikan Antikorupsi * 2
8 17000107 Kewirausahaan 2
9 17000108 Bahasa Inggris/TOEFL 2
10 17000110 Perkembangan Masyarakat dan Kesenian Indonesia 2 Mulyadi dan Jamaludin (2006) Komunikasi Antarbudaya: Panduan bekomunikasi dengan orang-orang Berbeda Budaya. Kuncoroningrat (1980) Sejarah Teori Antropologi Buku
11 17000111 Pemahaman Lintas Budaya 2 Pemahaman Lintas Budaya (Kusherdyana,2011), Barker (2004) Cultural Studies: Teori dan Praktik Buku
12 17000112 Estetika 2
13 17000113 Retorika 2
Linguitik Indonesia
14 17000201 Pengantar Linguistik Umum 4
15 17000202 Fonologi 4 Chaer (2009), Muslich (2008) Fonologi Bahasa Indonesia. Fonologi Bahasa Indonesia (Aririn, 2015)
16 17000203 Morfologi 4
17 17000204 Sintaksis 4
18 17000205 Semantik 4
19 17000206 Sosiolinguistik 2
20 17000207 Sosiopragmatik 2
21 17000208 Psikolinguistik 2
22 17000209 Perencanaan Bahasa 2
23 17000210 Aliran Linguistik 2
24 17000211 Leksikografi 4
25 17000212 Wacana 4
Penelitian Bahasa dan Sastra
25 17000236 Dasar-dasar Filsafat 2
26 17000237 Sejarah Pemikiran 2
27 17000239 Metode Penelitian 4
28 17000240 Seminar Proposal 4
29 17000241 Skripsi 6
30 17000304 Filsafat Bahasa* 2
Kritik Sastra Indonesia
31 17000220 Pengantar Ilmu Sastra 4
32 17000221 Sejarah Sastra Indonesia 2
33 17000222 Teori Sastra 2
34 17000229 Apresiasi Sastra 2
35 17000224 Telaah Puisi 4
36 17000225 Telaah Drama 4
37 17000226 Sosiologi Sastra 2
38 17000227 Psikologi Sastra 2
39 17000228 Kritik Sastra 4
40 17000230 Telaah Prosa 4
Penulisan Ilmiah dan Kreatif
41 17000213 Menulis 1 (Kemahiran Menulis) 2
42 17000214 Menulis 2 (Penulisan Ulasan) 2
43 17000215 Menulis 3 (Penulisan Kreatif) 2
44 17000216 Menulis 4 (Kewartawanan) 2
45 17000217 Menulis 5 (Teknik Penulisan Artikel Ilmiah 2
46 17000218 Penyuntingan I 4
47 17000219 Penyuntingan II 4
48 17000235 Tata Persuratan Dinas 2 Tata Persutaran Dinas (Menpan, 2015), Aneka Surat Sekertaris dan Bisnis Indonesia (Lamudin,1991), Aneka Surat Statuta, Laporan dan Proposal. (Lamudin, 1995), Pilar-Pilar Bahasa Indonesia (Sunaryo,2000) Modul

Buku

Buku

Buku

49 17000238 Kehumasan 2 Teori dan Profesi Kehumasan (Anggoro, 2008), McQuall (2012) Teori Komunikasi Massa McQuail, Etika Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Buku
50 17000305 TOEFL Preparation 1** 2
51 17000306 TOEFL Preparation 12** 2
Pendidikan Bahasa dan Sastra
52 17000230 Perencaaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 4 Pembelajaran dan Perkembagnan Belajar (Tung,2015), Perencaanaan Pembelajaran (Uno, 2012) Buku
53 17000231 Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra 2
54 17000232 Pembelajaran Mikro 2
55 17000233 Pembelajaran Makro 4
56 17000234 Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra 2 Arikunto (1984) Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. dan Penilaian Berbasisi Kelas, (Surapranata, 2005) Blooom ( Evaluation to Imptove Learning Buku
57 17000301 Pembelajaran BIPA* 2
58 17000302 Bahasa Mandarin I** 2
59 17000303 Bahasa Mandarin II** 2
  1. PEMETAAN LABORATORIUM PENUNJANG PEMBELAJARAN DAN RISET

Cari perangkat lab yang baik

No. Nama Laboratorium yang ada Pemanfaatan untuk Praktikum: Modul Praktikum Mata Kuliah
1 Laboratorium Bahasa Bahasa Inggris

Rencana Pengembangan Kapasitas Laboratorium Sebagai Penunjang Pembelajaran yang Berorientasi Penguatan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Kegiatan Riset Unggulan Program Studi.

Usulan Kelengkapan Laboratorium: Penguatan CPL
No. Nama Laboratorium Modul Praktikum Piranti Lunak Hardware (Perangkat Keras)
1 Sanggar Seni dan Budaya* Praktikum/Drama/Tari Tempat
2
  • Sanggar Seni dan Budaya berkaitan dengan materi perkuliah Kekeratifan yaitu sesuai dengan bidang ilmu yang di tuntut di Program Studi Sastra Indonesia. Hal ini perlu untuk mengembangkan bakat dan minat mahasiswa. Oleh karena itu di butuhkan satu ruang ber ukuran 6 x 8 m2 dan di depan di pasang kaca sepangang 6 m2
Usulan Kelengkapan Laboratorium: Penguatan Riset Unggulan Prodi
No. Nama Laboratorium Modul Praktikum Piranti Lunak Hardware (Perangkat Keras)
1 Sangar Seni dan Budaya Praktikum Ruangan
2
3
  1. PANDUAN SURAT KETERANGAN PENDAMPING IJAZAH

Sesuai dengan yang telah di buat oleh Universitas Nasional.

UNIVERSITAS NASIONAL

NASIONAL UNIVERSITY

Logo UNAS

FAKULTAS BAAHASA DAN SASTRA

Faculty of Languages and Letters

SURAT KETERANGAN PENDAMPING IJAZAH

Certificate of Companion of diploma

DIPLOMA SUPPLEMENT

NOMOR/NUMBER: / /2017

Surat Keterangan Pendamping Ijazah menerangkan Capaian Pembelajaran dan Prestasi

dari Pemegang Ijazah selama masa studi di Universitas Nasional

The Diploma Supplement Certifies the Study Accomplishment of Its Bearer During

the Period of Study at Nasional University

1. IDENTITAS DIRI
PERSONAL INFORMATION
1.1 Nama Lengkap
Full Name
1.2 Tempat & Tanggal Lahir
Place and Date of Birth
1.3 Nomor Pokok Mahasiswa
Student Identification Number
1.4 Tahun Masuk
Admission Year
1.5 Tanggal Kelulusan
Date of Graduation
1.6 Nomor Ijazah
Number of Certificate
1.7 Gelar dan Singkatannya Sarjana Sains (S.Si)
Title and its accronym
1.8 Lama Studi
Regular Length of Study
1.9. Sistem Kredit Semester Minimal 144 SKS

Minimum of 144 credits

Credits
1.10. Indeks Prestasi Kumulatif
Grade Point Average
2. IDENTITAS PROGRAM STUDI
IDENTITY OF STUDY PROGRAM
2.1 Program Studi Biologi
Study Program Biology
2.2 Jenis/Jenjang Pendidikan Strata-1
Education Degree Bachelor Degree
2.3 Jenjang Kualifikasi KKNI Jenjang 6

6th Level

Scheme Level in the Indonesian Qualification Framework
2.4 Persyaratan Penerimaan Lulus SLTA dan Lulus Seleksi Mahasiswa Baru
Admission Requirements Graduate from High School and passed the student admission selection
2.5 Bahasa Pengantar Kuliah Bahasa Indonesia

Indonesian Language

Lingua Franca/Spoken Language
2.6 Sistem Penilaian Skala/Scale: 1 – 4; A = 4. A- = 3,7. B+ = 3,3. B = 3,0 B- = 2,7 ; C + = 2,3 , C = 2,0 D = 1, E = 0.
Grading System
2.7 Pendidikan Lanjut Program Magister
Further Study Master Program
2.8 Status Profesi (Bila Ada)
Professional Status (If Applicable)
3. KUALIFIKASI BERBASIS CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
THE QUALIFICATION BASED ON THE LEARNING OUTCOMES OF GRADUATION
EMPAT ASPEK CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN:

  1. SIKAP
  2. PENGETAHUAN
  3. KETERAMPILAN UMUM
  4. KETERAMPILAN KHUSUS
FOUR ASPECT OF LEARNING OUTCOMES OF GRADUATION:

  1. ATTITUDE
  2. KNOWLEDGE
  3. MAJOR SKILL
  4. SPECIFIC SKILL
3. 1 SIKAP 3.1 ATTITUDE
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Dapat berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  4. Dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila;
  5. Dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  6. Dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  9. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
………………………………………………….

………………………………………………….

……………………………………….

……………………………………….

3.2 PENGETAHUAN 3.2 KNOWLEDGE
  1. Karakter, Integritas, dan Soft-Skill
  2. Mampu menerapkan prinsip-prinsip moral atau nilai spiritualitas sesuai dengan ajaran agama yang dianut, yang berlaku secara universal dalam upaya pengembangan pribadi yang unggul di masyarakat dengan menjadikan prinsip atau nillai tersebut sebagai motivasi untuk menguasai, mengamalkan, dan mengembangkan IPTEK.
  3. Mampu menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai ciri khas dan jati diri bangsa dalam upaya pengembangan pribadi yang berkarakter dan berintegritas.
  4. Mampu menerapkan prinsip-prinsip nasionalisme dalam koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
  5. Mampu menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dalam koridor pengembangan karir profesional di dunia kerja.
  6. Mampu menerapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmiah/saintifik sebagai cara untuk mendiseminasikan karya ilmiah secara tertulis dan mampu mengembangkannya sebagai bahasa komunikasi profesional untuk dunia kerja.
  7. Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar berwirausaha berbasis kreatifitas dan inovasi dengan mendayagunakan basis keilmuan program studi.
  8. Mampu menerapkan atau mengembangkan kemampuan salah satu cabang bidang olah raga atau seni sebagai media penguatan soft-skill.
  9. Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar konservasi lingkungan hidup dalam konteks pengembangan karir profesional di perusahaan atau instansi pemerintah sebagai upaya mendukung sustainabilitas (keberlanjutan) lingkungan.
  10. Mampu memahami prinsip-prinsip anti korupsi dan penyalahgunaan narkoba sebagai upaya peningkatan karakter dan integritas di dunia kerja.
  11. Ranah Topik 2
  12. …………………………………………….
  13. …………………………………………….
  14. Ranah Topik 3
  15. …………………………………………….
  16. …………………………………………….
  1. Character, Integrity and Soft-Skill
  2. ……………………………………….
  3. ……………………………………….
  4. Field of Topic 2
  5. …………………………………………………..
  6. …………………………………………………..
  7. Field of Topic 3
  8. …………………………………………………..
  9. …………………………………………………..
3.3 KETERAMPILAN UMUM 3.3 MAJOR SKILL
  1. ……………………………………….
  2. ……………………………………….
  1. ……………………………………….
  2. ……………………………………….
3.4 KETERAMPILAN KHUSUS 3.4 SPECIFIC SKILL
  1. ………………………………………
  2. ………………………………………
  3. ………………………………………
  4. ………………………………………
4. KEGIATAN DAN PRESTASI MAHASISWA 4. STUDENT ACTIVITY AND ACHIEVEMENT
No. Kompetensi Penunjang Nilai Komposisi
1 Langsung 50%
  1. Sertifikat Keahlian 1
  2. Sertifikat Keahlian 2
  3. ……………..
400

400

200

200

2 Pelengkap 30%
  1. Sertifikat TOEFL 400
  2. Sertifikat Seminar Ilmiah
  3. ………………
300

100

90

30

3 Tambahan 20%
  1. Ketua Himpunan Mahasiswa
  2. Anggota panitia kegiatan pengabdian kepada masyarakat Fakultas
  3. ……………….
200

50

40

10

Total Nilai 100%
580
No. Competence Support

 

Points Composition
1 Direct 50%
  1. Sertifikat Keahlian 1
  2. Sertifikat Keahlian 2
  3. ……………..
400

400

200

200

2 Complement 30%
  1. Sertifikat TOEFL 400
  2. Sertifikat Seminar Ilmiah
  3. ………………
300

100

90

30

3 Additional 20%
  1. Ketua Himpunan Mahasiswa
  2. Anggota panitia kegiatan pengabdian kepada masyarakat Fakultas
  3. ……………….
200

50

40

10

Total Poin 100%
580
Berdasarkan penilaian kompetensi penunjang dari 3 komponen yakni Komponen Langsung, Komponen Pelengkap dan Komponen Tambahan, pemegang ijazah tersebut diatas masuk dalam kategori:

BAGUS.

Penilaian Kompetensi Penunjang:

  1. Sangat Bagus > 1000 poin
  2. Bagus 750 – 999 poin
  3. Cukup 500 – 749 poin
  4. Kurang 0 – 499 poin

Kegiatan dan Prestasi Mahasiswa (KPM) berkaitan dengan Capaian Pembelajaran Lulusan yang sesuai dengan kurukulum KPT-KKNI dimana membentuk Sikap, Pengetahuan, Keterampilan Umum dan Keterampilan Khusus (Tabel 1.)

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan

Bentuk kegiatan kompetensi mahasiswa untuk SKPM meliputi 3 kompetensi, yang dapat dikaitkan dengan Capaian Pembelajaran Lulusan , yaitu:

  1. Kompetensi Penunjang Langsung (KPL), yaitu berupa Kegiatan Penalaran dan Keilmuan. Capaian Pembelajaran Lulusan yang mendukung kompetensi ini adalah SIKAP, PENGETAHUAN dan KETERAMPILAN UMUM
  2. Kompetensi Penunjang Tambahan (KPT), yaitu berupa Kegiatan Minat, Bakat, Organisasi dan Kepemimpinan. Capaian Pembelajaran Lulusan yang mendukung kompetensi ini adalah SIKAP, KETERAMPILAN UMUM dan KETERAMPILAN KHUSUS
  3. Kompetensi Penunjang Pelengkap (KPP), yaitu kegiatan Kepedulian Kepada Masyarakat dan kegiatan sosial. Capaian Pembelajaran Lulusan yang mendukung kompetensi ini adalah SIKAP dan KETERAMPILAN KHUSUS
Based on the scoring of Competence Supports which are composed of Direct Component, Complement Component and Additional Component, student who hold this certification of graduation is granted as GOOD.

Criteria of Competence Support:

  1. Very Good > 1000 poin
  2. Good 750 – 999 poin
  3. Enough 500 – 749 poin
  4. Less 0 – 499 poin
5. SKEMA TENTANG SISTEM PENDIDIKAN TINGGI DI INDONESIA
SCHEME OF THE INDONESIAN HIGHER EDUCATION SYSTEM

Image result for diagram jenjang KKNI

  • Berdasarkan KKNI Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 8 Tahun 2012, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, yang selanjutnya disingkat KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai bidang. Untuk perguruan tinggi diturunkan menjadi Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi sebagai acuan penerapan KKNI dalam pembelajaran.
  • Based on the Rule of President, Republic of Indonesia, KKNI as known as Indonesian Qualification Framework is a competence grading system which integrates the aspects of education, training, and working experience in purpose of acknowledging the capacity based on work qualification in various sectors. For the Higher Education, KKNI is derived as the National Standard of Higher Education as The Rule of Ministry of Research and Higher Education No. 44 Tahun 2015 as the reference to implement KKNI within the learning process.
  • KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan dan pelatihan nasional yang dimiliki Indonesia.
  • KKNI is the resemblance of Indonesian quality and identify concerning its national training and education system.
  • Jenjang kualifikasi adalah tingkat capaian pembelajaran yang disepakati secara nasional, disusun berdasarkan ukuran hasil pendidikan dan/atau pelatihan yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal atau pengalaman kerja.

Rektor/Rector

Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A

  • Qualification level, a nationally legalized learning outcomes, is composed by the results of education and training activities (formal, nonformal) or working experiences.

Dekan/Dean

…………………………………………………

  1. FORMAT RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/b/b6/Logo_Universitas_Nasional.gifRENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

UNIVERSITAS NASIONAL

Program Studi : Semester :
Mata Kuliah : Beban SKS :
Ranah Topik : Dosen Pengampu(Koordinator & Anggota) :
Kode Mata Kuliah :
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Sikap:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidangkeahliannya secaramandiri.
  2. Dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

Pengetahuan (Ranah Topik):

  1. ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  2. ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  3. ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Keterampilan Umum:

  1. ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  2. ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  3. ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Keterampilan Khusus:

  1. ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  2. ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  3. ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CP-MK)
  1. ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  2. ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  3. ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  4. ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Deskripsi Mata Kuliah ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Komponen Penilaian & Prosentase 1. UAS = ……….% 2. UTS = ……….% 3. Tugas individu/kelompok = ………% 4. Sikap& Perilaku = ……….%
Media Pembelajaran Perangkat Lunak:

…………………………………………………………………………………

Perangkat Keras/Laboratorium:

…………………………………………………………………………………

Minggu Kemampuan Akhir Sesuai Tahapan Belajar (Sub CP-MK) Blooms Taxonomy

Level

Materi Pembelajaran Bentuk Pembelajaran Metode Pembelajaran Deskripsi Tugas Kriteria

Penilaian

Indikator Penilaian Waktu Referensi
1
2
3
4
5
6
7
8 UTS
9
10
11
12
13
14
15
16 UAS

Referensi:

  1. Creswell, John W. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications, 2013.
  2. ………………………………………………………………………………………………………………………………………
  3. ………………………………………………………………………………………………………………………………………

Catatan :

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL di Ranah Topik yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CP-MK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Kriteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kriteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kriteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  6. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
Pengertian 1 sks dalam bentuk pembelajaran Jam
a Kuliah, Responsi, Tutorial
Tatap Muka Penugasan Terstruktur Belajar Mandiri
50 menit/minggu/semester 60 menit/minggu/semester 60 menit/minggu/semester 2,83
b Seminar atau bentuk pembelajaran lain yang sejenis
Tatap muka Belajar mandiri
100 menit/minggu/semester 70 menit/minggu/semester 2,83
c Praktikum, praktik studio, praktik bengkel, praktik lapangan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara
170 menit/minggu/semester 2,83
No Metode/Modus Pembelajaran Mahasiswa Kode
1 Small Group Discussion SGD
2 Role-Play & Simulation RPS
3 Discovery Learning DL
4 Self-Directed Learning SDL
5 Cooperative Learning CoL
6 Collaborative Learning CbL
7 Contextual Learning CtL
8 Project Based Learning PjBL
9 Problem Based Learning & Inquiry PBL
10 Blended Learning BL
No Level of Cognitive: Daya Nalar Kode
1 Remembering C1
2 Understanding C2
3 Applying C3
4 Analyzing C4
5 Evaluating C5
6 Creating C6

Komponen Penilaian

Proses penilaian pada mata kuliah ini dibedakan dalam 4 komponen, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sikap dan Perilaku

Komponen ini memiliki poin sebesar 10% dari total pertemuan tatap muka di kelas (14). Sikap dan Perilaku merupakan salah satu komponen penunjang dalam melakukan proses penilaian, sedang keaktifan di kelas dalam bentuk kehadiran, keaktifan berdiskusi, dan etika perilaku menjadi unsur-unsur utamanya.

  1. Tugas

Selama 1 semester, mahasiswa akan diberikan 4 tugas yang terdiri dari 2 tugas mandiri dan 2 tugas kelompok. Tugas ini diberikan sebanyak 2X sebelum UTS dan 2X setelah UTS. Komponen keseluruhan tugas memiliki poin sebesar 30%.

  1. UTS (Ujian Tengah Semester)

UTS dilakukan pada pertemuan ke 8 dari keseluruhan total pertemuan melalui ujian tertulis, praktik atau mini project yang akan dipresentasikan. Materi yang diujikan adalah materi pertemuan 1 sampai dengan 7, dengan bobot yang diberikan sebesar 30%.

  1. UAS (Ujian Akhir Semester)

UAS dilakukan pada pertemuan ke 16 dari keseluruhan total pertemuan melalui presentasi proposal penelitian. Materi yang tertuang pada proposal mencakup keseluruhan materi yang diberikan dari awal pertemuan sampai akhir dengan bobot yang diberikan sebesar 30%.

Rubrik Penilaian

Jenjang/Grade Angka/Skor Deskripsi/Indikator Kerja
E <40 Merupakan perolehan mahasiswa yang tidak melaksanakan tugas dan sama sekali tidak memahami materi.
D 40-49,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dan mengerjakan tugas seadanya, tidak memiliki kemauan dan tanggung jawab untuk memahami materi.
C- 50-54,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan seadanya, tidak fokus dalam memahami materi sehingga hanya mampu menyelesaikan sebagian dari masalah / tugas itupun dengan akurasi yang buruk.
C 55-59,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan cukup baik, berusaha memahami materi namun kurang persisten sehingga baru mampu menyelesaikan sebagian dari masalah / tugas dengan akurasi yang kurang.
C+ 60-64,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, berusaha memahami materi namun baru mampu menyeleseaikan sebagian masalah / tugas dengan akurasi cukup.
B- 65-69,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi cukup.
B 70-74,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi bagus.
B+ 75-79,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi bagus.
A- 80-89,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan sangat baik, memahami materi dengan sangat baik, memiliki tingkat proaktif dan kreativitas tinggi dalam mencari informasi terkait materi, mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi sangat baik.
A 90-100 Merupakan perolehan mahasiswa superior, yaitu mereka yang mengikuti perkuliahan dengan sangat baik, memahami materi dengan sangat baik bahkan tertantang untuk memahami lebih jauh, memiliki tingkat proaktif dan kreatifitas tinggi dalam mencari informasi terkait materi, mampu menyelesaikan masalah dengan akurasi sempurna bahkan mampu mengenali masalah nyata pada masyarakat / industri dan mampu mengusulkan konsep solusinya.

No: Revisi : …………….

Disetujui, Tgl :

Ketua PROGRAM STUDI

Diperiksa, Tgl :

Koord.Matakuliah/Bidang Keahlian

Dibuat, Tgl :

Dosen ybs

( …………………………………………………..) (………………………………………………………) (……………………………………………………..)
Periksa : Unit Penjamiman Mutu

( ………………………………………………….)

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/b/b6/Logo_Universitas_Nasional.gifRENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

UNIVERSITAS NASIONAL

FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA

PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA

Nama Program Studi : Sastra Indonesia Semester : Genap/II/
Nama Mata Kuliah : Pemahaman Lintas Budaya Beban sks :2
Ranah Topik : Kecakapan Hidup
Kode Matakuliah : 17000111 Dosen Pengampu : Drs. Arju Susanto, M.Pd.
Capaian PembelajaranLulusan di Ranah Topik Sikap

  1. Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
  3. Memiliki kemandirian dan berjiwa wirausaha.
  4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agamaserta pendapat/temuan original orang lain.

Pengetahuan (Kajian Topik Ranah Ilmu

  1. Menguasai konsep teoritis kebahasaan dan kebudayaan Indonesia dan Budaya Luar
  2. Mengetahui dasar-dasar pengetahuan untuk berkreasi di bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia
  3. Menguasai dasar-dasar kebahasaan dan kebudayaan modial.
  4. Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasaan dan kebudayaan modial meningkatkan pemahaman mengenai identitas keindonesiaan.

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran sistematis, kritis, kreatif, inovatif, dan humanis dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan.
  2. Mampu menunujkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaga.
  4. Mampu mengumpulkan, menganalisisi, dan menyajikan hasil ananlisisi data bahasa yang benar dalam bentuk surat atau proposal.

Keterampilah Khusus

  1. Mampu mengeditifikasi, mengkalsifikasi, dan mensistimatisasi masalah-masalah kebahasaan dan kebudayaan modial yang berkembang di masyarakat.
  2. Mampu menerima dan menfilter berbagai macam budaya dari luar
  3. Mampu menganalisisi masalah-masalah kebahasaan dan kebudayanan dari berbagai macam budaya di dunia
  4. Mampu berkreasi dalam bidang bahasa dan Budaya modial.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menerapkan teori kebudayaan lokal maupun budaya modial.
  2. Mampu menerapkan teori dan budaya lokal dan modial
  3. Mampu membangun dan menfilter budaya yang berasal dari luar
Deskripsi Matakuliah Mata kuliah ini berisi mengenai pengenalan tentang keaneka ragaman budaya di dunia secara umum khususnya Budaya Indonesia dan pemahaman terhadap nilai-nilai yang berlaku secara global
Komponen Penilaian& Persentase
  1. Sikap dan Prilaku=10%
  1. UTS=25%
  1. UAS=25%
  1. Tugas Mandiri/Kelompok=40%
Media Perangkat Lunas Perangkat Keras
Minggu Kemampuan Akhir Sesuai Tahapan Belajar (Sub CP-MK) Taksonomi Bloom Materi Pembelajaran Bentuk Pembelajaran Metode Pembelajaran Deskripsi Tugas Kretieria Penilaian Indikator Peneilaian Waktu Referensi
Minggu Kemampuan Akhir Sesuai Tahapan Belajar (Sub CP-MK) Blooms Taxonomy

Level

Materi Pembelajaran Bentuk Pembelajaran Metode Pembelajaran Deskripsi Tugas Kriteria

Penilaian

Indikator Penilaian Waktu Referensi
1 Dapat memahami rencana perkuliahan semester C2 Sosialisasi RPS

  • Membahas tujuan, materi, strategi, sumber dan evaluasi, tugas dan tagihan dalam perkuliahan
Kuliah Ceramah Tugas Mandiri dan tugas Kelompik Mampu Memahami tentang Tencana perkuliahan 2 x 170 menit RPS
2 Dapat Memahami pentingnya memahami lintas budaya C2 Pentingnya Pemahaman Lintas Budaya Kuliah Ceramah Discovery Learning Mencari teori-teori tentang Pemahaman Lintas Budaya Mampu menjelaskan pengertian Lintas Budaya 2 x 170 menit Bab I

Kusdayana

3 Dapat memahami Tujuan Belajar Lintas Budaya C2 Tujuan Pemahaman Lintas Budaya Kuliah Ceramah

Discovery Learning

Mampu menguraikan Tujuan Pemahaman Lintas Budaya 2×170 menit Bab I

Kusdayana

4 , 5 dan 6 Dapat memahami multi konsep budaya diantaranya, persepsi, kepercayaan, nilai, posisi dan peran soaial, norma kontrol sosial, etik dan emic, sosialisasi dan Enkultural, komunikasi verbal,dan non verbal C2 Multikonsep Budaya Kuliah Ceramah Smaill Group Discussion Membentuk kelompok dan memilih bahan diskusi, mempresentasikan dan mendiskusikan Lintas Budaya Kuis Mampu memhami multikonsep Lintas Budaya 2 x 170 menit Bab 2

Kusdayana dan Bab 1 Koentyoroningrat

7 Dapat memahami dimensi keagamaan budaya HofstedeDiferensiasi Budaya Hall C2 Dimensi-Dimensi Nilai Budaya Kuliah Ceramah

Discovery Learning

Mencari Teori Teori Hofstede dan Hall Mampu menjelakan teori Hofstede dan Hall 2×170 Bab 2 Kusdayana

Bab 1 Koentyoroningrat

8 Dapat menjawab soal ujian dengan benar UTS Ujian Ujian Manpu menjawab soal-soal ujian 2 x 50 menit
9 Dapat memahami dimensi variabel-variabel pola person, Orientasi Nilai, perbedaan Budaya Angyle dan dimensi budaya Inglehart C2 Dimensi-Dimensi Nilai Budaya Kuliah Ceramah

Discovery Learning

Mencari dan menyelurusi nilai dan dimensi budaya Mampu menbedakan varibel, pola, nilai perbedaan budaya 2×170

menit

Bab 3 Kusdayana

Bab 3 Koentyoroningrat

10, 11, dan 12 Dapat memahami hambatan Ekosentrisme, Stereotype, Perasangka, dan Rasisime C2 Beberapa hambatan dalam Komunikasi Lintas Budaya Kuliah Ceramah

Discovery Learning

Membuat Atura-aturan dalam kehidupan Kuis Mampu memahami dan membedakan hambatan diantara keempat ranah di maksud 2×170 menit Bab 4

Kusdayana

13,14 Dapat memahami nilai-nilai Budaya, Bahasa dan Komunikasi C2 Pemahaman Budaya Bangsa-Bangsa Kuliah Ceramah

Discovery Learning

Mampu menjelaskan nilai-nilai Budaya Bahasa dan Komunikasi Bagian 2
15 Pemahaman tentang citra diri C2 Citra Diri

Selayang Pandang

Kuliah Ceramah plus Tanya Jawab Mampu menjelaskan citra diri Bab 6

Kusdayana

16 9 s. 15 UAS Mampu menjawab soal-soal Ujian

Daftar Acuan:

Kusherdyana.2013. Pemahaman Lintas Budaya. Bandung: Alfabeta.

Koentjaraningrat. 1990. Manusia dan Budaya Indonesia.. Jakarta: Rineka Cipta.

Catatan :

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui pembelajaran.
  2. CPL di Ranah Topik yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri atasi aspek sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Kriteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kriteria dapat berupa kuantitatif atau kualitatif.
  6. Indikator penilaiankemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
Pengertian 1 sks dalam bentuk pembelajaran Jam
a Kuliah, Responsi, Tutorial
Tatap Muka Penugasan Terstruktur Belajara Mandiri
50 menit/minggu/semester 60 menit/minggu/semester 60 menit/minggu/semester 2,83
b Seminar atau bentuk pembelajaran lain yang sejenis
Tatap muka Belajar mandiri
100 menit/minggu/semester 70 menit/minggu/semester 2,83
c Praktikum, praktik studio, praktik bengkel, praktik lapangan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara
170 menit/minggu/semester 2,83
No Metode/Modus Pembelajaran Mahasiswa Kode
1 Small Group Discussion SGD
2 Role-Play & Simulation RPS
3 Discovery Learning DL
4 Self-Directed Learning SDL
5 Cooperative Learning CoL
6 Collaborative Learning CbL
7 Contextual Learning CtL
8 Project Based Learning PjBL
9 Problem Based Learning & Inquiry PBL
10 Blended Learning BL
No Level of Cognitive: DayaNalar Kode
1 Remembering C1
2 Understanding C2
3 Applying C3
4 Analyzing C4
5 Evaluating C5
6 Creating C6

Komponen Penilaian

Proses penilaian pada mata kuliah ini dibedakan dalam 4 komponen, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sikap dan Perilaku

Komponen ini memiliki poin sebesar 10% dari total pertemuan tatap muka di kelas (14). Sikap dan Perilaku merupakan salah satu komponen penunjang dalam melakukan proses penilaian, dimana keaktifan di kelas dalam bentuk kehadiran, keaktifan berdiskusi, dan etika perilaku menjadi unsur-unsur utamanya.

  1. Tugas

Selama 1 semester, mahasiswa akan diberikan 4 tugas yang terdiri dari 2 tugas mandiri dan 2 tugas kelompok. Tugas ini diberikan sebanyak 2x sebelum UTS dan 2x setelah UTS. Komponen keseluruhan tugas memiliki poin sebesar 30%.

  1. UTS (Ujian Tengah Semester)

UTS dilakukan pada pertemuan ke 8 dari keseluruhan total pertemuan melalui ujian tertulis, praktek atau mini project yang akan dipresentasikan. Materi yang diujikan adalah materi pertemuan 1 sampai dengan 7, dengan bobot yang diberikan sebesar 30%.

  1. UAS (Ujian Akhir Semester)

UAS dilakukan pada pertemuan ke 16 dari keseluruhan total pertemuan melalui presentasi proposal penelitian. Materi yang tertuang pada proposal mencakup keseluruhan materi yang diberikan dari awal pertemuan sampai akhir, dengan bobot yang diberikan sebesar 30%.

Rubrik Penilaian

Jenjang/Grade Angka/Skor Deskripsi/Indikator Kerja
E <40 Merupakan perolehan mahasiswa yang tidak melaksanakan tugas dan sama sekali tidak memahami materi.
D 40-49,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dan mengerjakan tugas seadanya, tidak memiliki kemauan dan tanggung jawab untuk memahami materi.
C- 50-54,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan seadanya, tidak fokus dalam memahami materi sehingga hanya mampu menyeleseaikan sebagian dari masalah/tugas itupun dengan akurasi yang buruk.
C 55-59,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan cukup baik, berusaha memahami materi,tetapi kurang konsisten sehingga baru mampu menyeleseaikan sebagian dari masalah/tugas dengan akurasi yang kurang.
C+ 60-64,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, berusaha memahami materi, tetapi baru mampu menyeleseaikan sebagian masalah/tugas dengan akurasi cukup.
B- 65-69,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah/ tugas dengan akurasi cukup.
B 70-74,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah/ tugas dengan akurasi bagus.
B+ 75-79,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah/ tugas dengan akurasi bagus.
A- 80-89,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan sangat baik, memahami materi dengan sangat baik, memiliki tingkat proaktif dan kreatifitas tinggi dalam mencari informasi terkait materi, mampu menyelesaikan masalah/tugas dengan akurasi sangat baik.
A 90-100 Merupakan perolehan mahasiswa superior, yaitu mereka yang mengikuti perkuliahan dengan sangat baik, memahami materi dengan sangat baik bahkan tertantang untuk memahami lebih jauh, memiliki tingkat proaktif dan kreatifitas tinggi dalam mencari informasi terkait materi, mampu menyelesaikan masalah dengan akurasi sempurna bahkan mampu mengenali masalah nyata pada masyarakat/industri dan mampu mengusulkan konsep solusinya.

No: Revisi : …………….

Disetujui, Tanggal :

Ketua ProgramStudi

Diperiksa, Tanggal:

KoordinatorMataKuliah/Bidang Keahlian

Dibuat, Tanggal:

Dosen ybs.

( ……………………..)

Nama Jelasdan Tanda Tangan

(…………………….) ( ……………………)
Periksa : Ka.UPM

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/b/b6/Logo_Universitas_Nasional.gifRENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

UNIVERSITAS NASIONAL

FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA

PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA

Nama Program Studi : Sastra Indonesia Semester : Gasal /III 2017/2018
Nama Mata Kuliah : Tata Persuratan Dinas Beban sks :2
Ranah Topik : Ahli Bahasa Indonesia
Kode Matakuliah : 17000235 Dosen Pengampu : Arju Susanto, S.S., M.Pd.
Capaian PembelajaranLulusan di Ranah Topik Sikap

  1. Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
  3. Memiliki kemandirian dan berjiwa wirausaha.
  4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agamaserta pendapat/temuan original orang lain.

Pengetahuan (Kajian Topik Ranah Ilmu

  1. Menguasai konsep teoritiskebahasaan dan kesastraan Indonesia.
  2. Mengetahui dasar-dasar pengetahuan untuk berkreasi di bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia
  3. Menguasai dasar-dasar metode penelitian kebahasaan dan kesastraan Indonesia.
  4. Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasaan dan kesastraan untuk meningkatkan pemahamanmengeniai identitas keindonesiaan.

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran sistematis, kritis, kreatif, inovatif, dan humanis dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan.
  2. Mampu menunujkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaga.
  4. Mampu mengumpulkan, menganalisisi, dan menyajikan hasil ananlisisi data bahasa yang benar dalam bentuk surat atau proposal.

Keterampilah Khusus

  1. Mampu mengeditifikasi, mengkalsifikasi, dan mensistimatisasi masalah-masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia yang berkembang di masyarakat.
  2. Mampu melakuklan komunikasi dengan menggunakan media bahasa Indonesia
  3. Mampu menganalisisi masalah-masalah kebahasaan Indonesia dengan menggunakan berbagai teknik analisis bahasa Indonesia.
  4. Mampu berkreasi dim bidang bahasa Indonesia.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menerapkan teori serta format yang baik dan benar dalam membuat surat.
  2. Mampu menerapkan ejaan, diksi , dan tata kalimat bahasa surat
  3. Mampu membangun surat lamaran,undangan, pemberitahuan, laporan derta mamapu mengkomunikasikan dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Deskripsi Matakuliah Mata kuliah ini berisi tentang keahliah di bidang Bahasa Indonesia dalam bentuk tulis yang didasari oleh penguasaan dan pengetahuan fungsi dan keterampilan membuat format surat dinas membangun surat lamaran, permohonan, undangan pemberitahunan, laporan.
Komponen Penilaian& Persentase
  1. Sikap dan Prilaku=10%
  1. UTS=25%
  1. UAS=25%
  1. Tugas Mandiri/Kelompok=40%
Media Perangkat Lunas Perangkat Keras
Minggu Kemampuan Akhir Sesuai Tahapan Belajar (Sub CP-MK) Taksonomi Bloom Materi Pembelajaran Bentuk Pembelajaran Metode Pembelajaran Deskripsi Tugas Kretieria Penilaian Indikator Peneilaian Waktu Referensi
1
  1. Mahasiswa mengerti dan paham tentang pengertian Surat
C2 Pendahuluan

Pengertian Surat

Kuliah Ceramah plus Mahasiswa mencatat dan menyimak materi yang di sampaikan dosen Mampu menjelaskan:

pengertian surat dinas dan surat pribadi

2x 170 menit Lamudin
2 Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan fungsi surat C2 Fungsi Surat Kuliah Ceramah plus Mampu menjelaskan fungsi-fungsi surat

  1. surat pribadi
  2. surat dinas
Mampu mendeskripsikan fungsi-fungsi surat baik surat pribadi maupun surat dinasu 2x 170 menit Arifin, Lamudin
3 Maahasiswa dapat menjelaskan jenis-jenis surat C3 Jenis-Jenis Surat Kuliah Ceramah plus Mencari teks sesuai dengan jenis-jenis surat Mampu mengklasifikasi jenis-jenis surat 2x 170 menit Arifin, Lamunid
4 Mahasiswa dapat memahami surat lamaran. C3 Surat Lamaran Kuliah Ceramah plus Mampu menjelaskan pengertian surat lamaranh   Mampu mendeskripsikan surat lamaran pekerjaan 2x 170 menit Lamudin
5 Mahasiswa dapat membangun surat lamaran C3 Membangun Surat Lamaran Kuliah Penugasan/latihan Mampu membangun surat lamaran yang baik dan benar sesuai kaidah yang lazim Setiap penugasan nilainya 10% Mampu membangun Teks, format surat lamaran yang baik dan benar.

 

2x 170 menit Lamudin
6 Mahasiswa dapat memahami pengertian surat permohonan C3 Pengertian Surat Permohonan Kuliah Ceramah plus Mampu menjelaskan pengertian surat permohonan Mampu membangun dan merndeskripsikan surat permohonan sesuai standar nasional 2x 170 menit Menpar
7 Mahasiswa dapat membangun surat permohonan C3 Membangun Surat Permohonan Penugasan/latihan Mampu menbangun surat permohonan Setiap tugas 10% Mampu membangun teks surat permohonan dengan benar 2x 170 menit Menpar
8 Pertemuan 1–7 Ujian Tengah Semester/UTS 30% Mampu mengerjakan soal ujian
9 Pemahaman tentang Surat Undangan C2 Pengertian Surat Undangan Kuliah Ceramah plus Mampu menguraikan pengerttian ssurat undangan Mampu mengungkapkan dan mendeskripsikan pengertian surat undangan. 2x 170 menit Menpar
10 Penerapan desain surat undangan C3 Membangun Surat Undangan Kuliah Penugasan/latihan Mampu membangun surat undangan Penugasan nilai 10% Mampu membangun surat undangan dengan memperhatikan teori, bahasa dan format yang benar 2x 170 menit Menpar
11 Pemahaman Surat Pemberitahuan C3 Pengertian Surat Pemberitahuan Kuliah Ceramah plus Mampu mendeskripsikan nsurat pemberitahuna Mampu mengungkapkan pengertian surat pemberitahuan 2x 170 menit Menpar
12 Mendesian Surat pemberitahuan C4 Membangun Surat Pemberitahuan Kuliah Penugasan/latihan Mampu membangun surat pemberitahuan Mampu membangun surat pembertiahuan yang lazjim dan benar 2x 170 menit Menpar
13 Penerapan aktualisasi diri melalui dalam membuat laporan bacaan, telitian C4 Pengertian Laporan Kuliah Penugasan Mampu membangun laporan Mampu membangun laporan penelitian buku, artikel dan proyek 2x 170 menit Menpar
14 Penerapan bangun teks laporan bacaan dan proposal penelitian C4 Membangun Laporan Kuliah Penugasan/latihan Mampu membangun laporan akhir semester Mampu mengkomunikasikan hasil membangun laporan 2x 170 menit
15 Penerapan bangun teks Laporan C4 Selayang Pandang Kuliah Penugasan Mampu mengkomunikasikan hasil membangun laporan 2x 170 menit
16 9–15 C4 Ujian Akhir Semester 30% Mampu mengerjakan soal ujian

Catatan Entri Nilai tugas diserahkan kepda dosen pengampu MK

Referensi:

Arifin, E. Zenal. 2009. MetodePenulisanIlmiah. Kota Tangerang: PustakaManddiri

Finoza, Lamudin.1991. Aneka Surat Indonesia. Jakarta:Mawar Gempita

——————– 1995. Aneka Surat Statuta, Laporan dan Proposal. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Republik Indonesia. 2012. Pedoman Tata Naskah Dinas. Jakarta: Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi

Birokrasi Republik Indonesia.

Sunaryo, Adi. 2000. Pilar-Pilar Bahasa Indonersia. Jakarta: Pusat Baahasa Departemn Pendidikan Nasional.

Sartuni, Rasyid, dkk 1997. Petunjuk Penyusunan Surat Niaga. Jakarta: Kelompok 24 Pengajar Bahasa Indonesia.

Catatan :

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui pembelajaran.
  2. CPL di Ranah Topik yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri atasi aspek sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Kriteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kriteria dapat berupa kuantitatif atau kualitatif.
  6. Indikator penilaiankemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
Pengertian 1 sks dalam bentuk pembelajaran Jam
a Kuliah, Responsi, Tutorial
Tatap Muka Penugasan Terstruktur Belajara Mandiri
50 menit/minggu/semester 60 menit/minggu/semester 60 menit/minggu/semester 2,83
b Seminar atau bentuk pembelajaran lain yang sejenis
Tatap muka Belajar mandiri
100 menit/minggu/semester 70 menit/minggu/semester 2,83
c Praktikum, praktik studio, praktik bengkel, praktik lapangan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara
170 menit/minggu/semester 2,83
No Metode/Modus Pembelajaran Mahasiswa Kode
1 Small Group Discussion SGD
2 Role-Play & Simulation RPS
3 Discovery Learning DL
4 Self-Directed Learning SDL
5 Cooperative Learning CoL
6 Collaborative Learning CbL
7 Contextual Learning CtL
8 Project Based Learning PjBL
9 Problem Based Learning & Inquiry PBL
10 Blended Learning BL
No Level of Cognitive: DayaNalar Kode
1 Remembering C1
2 Understanding C2
3 Applying C3
4 Analyzing C4
5 Evaluating C5
6 Creating C6

Komponen Penilaian

Proses penilaian pada mata kuliah ini dibedakan dalam 4 komponen, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sikap dan Perilaku

Komponen ini memiliki poin sebesar 10% dari total pertemuan tatap muka di kelas (14). Sikap dan Perilaku merupakan salah satu komponen penunjang dalam melakukan proses penilaian, dimana keaktifan di kelas dalam bentuk kehadiran, keaktifan berdiskusi, dan etika perilaku menjadi unsur-unsur utamanya.

  1. Tugas

Selama 1 semester, mahasiswa akan diberikan 4 tugas yang terdiri dari 2 tugas mandiri dan 2 tugas kelompok. Tugas ini diberikan sebanyak 2x sebelum UTS dan 2x setelah UTS. Komponen keseluruhan tugas memiliki poin sebesar 30%.

  1. UTS (Ujian Tengah Semester)

UTS dilakukan pada pertemuan ke 8 dari keseluruhan total pertemuan melalui ujian tertulis, praktek atau mini project yang akan dipresentasikan. Materi yang diujikan adalah materi pertemuan 1 sampai dengan 7, dengan bobot yang diberikan sebesar 30%.

  1. UAS (Ujian Akhir Semester)

UAS dilakukan pada pertemuan ke 16 dari keseluruhan total pertemuan melalui presentasi proposal penelitian. Materi yang tertuang pada proposal mencakup keseluruhan materi yang diberikan dari awal pertemuan sampai akhir, dengan bobot yang diberikan sebesar 30%.

Rubrik Penilaian

Jenjang/Grade Angka/Skor Deskripsi/Indikator Kerja
E <40 Merupakan perolehan mahasiswa yang tidak melaksanakan tugas dan sama sekali tidak memahami materi.
D 40-49,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dan mengerjakan tugas seadanya, tidak memiliki kemauan dan tanggung jawab untuk memahami materi.
C- 50-54,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan seadanya, tidak fokus dalam memahami materi sehingga hanya mampu menyeleseaikan sebagian dari masalah/tugas itupun dengan akurasi yang buruk.
C 55-59,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan cukup baik, berusaha memahami materi,tetapi kurang konsisten sehingga baru mampu menyeleseaikan sebagian dari masalah/tugas dengan akurasi yang kurang.
C+ 60-64,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, berusaha memahami materi, tetapi baru mampu menyeleseaikan sebagian masalah/tugas dengan akurasi cukup.
B- 65-69,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah/ tugas dengan akurasi cukup.
B 70-74,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah/ tugas dengan akurasi bagus.
B+ 75-79,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah/ tugas dengan akurasi bagus.
A- 80-89,99 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan sangat baik, memahami materi dengan sangat baik, memiliki tingkat proaktif dan kreatifitas tinggi dalam mencari informasi terkait materi, mampu menyelesaikan masalah/tugas dengan akurasi sangat baik.
A 90-100 Merupakan perolehan mahasiswa superior, yaitu mereka yang mengikuti perkuliahan dengan sangat baik, memahami materi dengan sangat baik bahkan tertantang untuk memahami lebih jauh, memiliki tingkat proaktif dan kreatifitas tinggi dalam mencari informasi terkait materi, mampu menyelesaikan masalah dengan akurasi sempurna bahkan mampu mengenali masalah nyata pada masyarakat/industri dan mampu mengusulkan konsep solusinya.

No: Revisi : …………….

Disetujui, Tanggal :

Ketua ProgramStudi

Diperiksa, Tanggal:

KoordinatorMataKuliah/Bidang Keahlian

Dibuat, Tanggal:

Dosen ybs.

( ……………………..)

Nama Jelasdan Tanda Tangan

(…………………….) ( ……………………)
Periksa : Ka.UPM
  1. STANDAR PENDIDIKAN PRODI: MUTU LULUSAN
No. Parameter Mutu Lulusan Standar Keterangan
1 IPK 3.00
2 Masa Studi 7,5
3 Nilai Tugas Akhir B
4 Nilai Mata Kuliah Kerja Praktek
5 Nilai Mata Kuliah Metode Penelitian B
6 Sertifikasi TOEFL/IELTS atau yang setara dengan bahasa asing Internasional 400
7 Sertifikasi Keahlian Profesi 450
  1. PENGUATAN BIDANG RISET/PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

7 kajian

No. Riset Unggulan Nasional (Sumber Kemristekdikti) Rencana Induk Penelitian Universitas Nasional Fokus Bidang Riset Unggulan Prodi Daya Dukung (Dosen/Laboratorium)
  1. Kajian Wilayah Perbatasan dan Pulau Pulau Terpencil
Kajian Bahasa
  1. Kajian Wilayah Perbatasan dan Pulau Pulau Terpencil
Kajian Sastra
  1. Kajian Masalah Perkotaan
Kajian Budaya
  1. Kajian Konservasi dan Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati Indonesia
  1. Kajian Ramah Lingkungan Berbasis Religi dan Kearifan Lokal
  1. Kajian Politik Lokal
  1. Ketahanan Nasional

Fokus Bidang Riset Unggulan Prodi

No. Fokus Bidang Riset Unggulan Prodi Keterkaitan dengan Ranah Topik Turunan Sub-Topik Umum Untuk Tugas Akhir Mahasiswa
1 Kajian Bahasa Linguistik Indonesia

Ahli Bahasa Indonesia

2 Kajian Sastra Ahli Sastra

Peneliti Sastra

3 Kajian Budaya Penulis, Pendidik Bahasa Indonesia

Fokus Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi

No. Fokus Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Keterkaitan dengan Ranah Topik
1 Penyuluhan Bahasa Indonesia Ahli Bahasa
2 Apresiasi Sastra Ahli Sastra
3
  1. RENCANA PUBLIKASI SEMINAR/JURNAL NASIONAL/INTERNASIONAL BEREPUTASI
No. Nama Jurnal Nasional Internasional Indexing
1 Ilmu dan Budaya v
2 Populis v
3 Pujangga v
4
5
6
7
No. Nama Seminar Nasional Internasional Indexing
1 Bahasa dan Sastra v v
2 Budaya v v
3
4
5
6
7

 

  1. MONITORING DAN EVALUASI PEMBELAJARAN

Peraturan Menteri Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, di antaranya tercantum tentang standar pembelajaran, yang meliputi Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses Pembelajaran, dan Standar Penilaian Pembelajaran. Standar-standar tersebut menjelaskan ketentuan-ketentuan yang harus terpenuhi dalam hal pembelajaran.

Peningkatan jumlah mahasiswa Universitas Nasional (UNAS) pada tiap tahun akademik, perlu dibarengi dengan peningkatan kualitas dari seluruh sivitas akademik. Berdasarkan Renstra UNAS 2015-2020, UNAS mencanangkan visi untuk menjadi universitas unggulan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang masuk dalam10 (sepuluh) besar universitas swasta terbaik di Indonesia dalam tata kelola pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat pada 2020.

Untuk menunjang renstra tersebut maka salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan memberikan layanan yang berkualitas kepada mahasiswa di bidang pendidikan, yang salah satunya adalah pembelajaran.

Pembelajaran adalah proses interaksi mahasiswa dengan dosen dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar dalam rangka pencapaian kompetensi mahasiswa agar dapat menghasilkan lulusan yang sesuai dengan harapan. Untuk menjamin agar pembelajaran yang dilaksanakan di UNAS berlangsung dengan baik, maka, disusun pedoman monitoring dan evaluasi pembelajaran UNAS yang memuat tentang bagaimana monitoring dan evaluasi pembelajaran yang harus dilakukan oleh Pimpinan di tingkat Program Studi, Fakultas maupun Universitas.

Monitoring dan evaluasi pembalajaran di seluruh lembaga pendidikan dilakukan secara rutin dan berkesinambungan tidak terkecuali di UNAS. Pada dasarnya, monev merupakan kegiatan pemantauan suatu kegiatan yang bukan untuk mencari-cari kesalahan, akan tetapi, membantu melakukan tindakan perbaikan secara terus menerus. Monitoring dan evaluasi (monev) dilakukan sebagai usaha untuk menentukan apa yang sedang dilaksanakan dengan cara memantau hasil/prestasi yang dicapai dan jika terdapat penyimpangan dari standar yang telah ditentukan, maka, segera diadakan perbaikan, sehingga semua hasil/prestasi yang dicapai dapat sesuai dengan rencana.

Tujuan Monitoring dan Evalusasi Pembelajaran

      1. Menyediakan informasi yang relevan dan tepat waktu pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk membantu pembuatan keputusan manajemen yang efektif dan merencanakan berbagai tindakan yang diperlukan.
      2. Mendorong diskusi mengenai kemajuan pelaksanaan pembelajaran bersama paradosen.
      3. Mengetahui bahwa kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan yang direncanakan.
      4. Mengetahui rencana pembelajaran yang dibuat dan kesesuaiannya dengan kurikulum.
      5. Memberikan masukan terhadap pengambilan keputusan berkaitan dengan perlu atau tidaknya inovasi dan revisidalam kegiatan pembelajaran.

Ruang LingkupMonitoringdanEvaluasi Pembelajaran

Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran Universitas Nasional mengacu pada empat standar dalam Standar Pendidikan yang tertuang dalam Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015, yaitu:

      1. Standar Kompetensi Lulusan,
      2. Standar Isi Pembelajaran,
      3. Standar Proses Pembelajaran,
      4. Standar Penilaian Pembelajaran.

Kerangka Monitoring Pelaksanaan Pembelajaran

Kerangka kegiatan monitoring pelaksanaan pembelajaran adalah untuk menyediakan sebuah basis konseptual dan metodologi bagi pelaksanaan pemantauan/monitoring sewaktu pelaksanaan kegiatan pembelajaranberlangsung, dan untuk menjelaskan instrumen tertentu yang akan digunakan untuk memfasilitasi pengumpulan informasi dan pelaporan.

Kerangka kegiatan monitoring pelaksanaan pembelajaran terfokus pada pelaksanaan pembelajaran yang mengacu pada standar yang telah ditetapkan. Kegiatan monitoring pelaksanaan pembelajaran lebih menekankan pada isi pembelajaran, proses pembelajaran, proses penilaian pembelajaran ditambah dengan kehadiran dosen. Kerangka kegiatan monitoring pelaksanaan pembelajaran berisi indikator-indikator standar pembelajaran, seperti yang tertera pada Tabel 1 berikut ini:

Tabel 1. KerangkadanIndikator Monitoring Pembelajaran

STANDAR INDIKATOR
1.Kompetensi

Lulusan

    1. Kompetensi Lulusan sesuai dengan Visi,Misi,Tujuan dan

Sasaran Program Studi D4, S1, S2 dan S3 Universitas Nasional serta memiliki cirri khusus dan berorientasi ke masa depan.

    1. Kompetensi terdiri dari: Kompetensi Utama, yaitu kompetensi yang mencirikan bidang ilmu dan keunggulan Program Studi, Kompetensi Pendukung, yaitu kompetensi tambahan yang mendukung kompetensi utama; dan Kompetensi Lainnya, yaitu kompetensi lain sebagai pengayaan Kompetensi Utama.
    2. Kompetensi lulusan dirumuskan dalam capaian pembelajaran.
    3. Kompetensi lulusan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan juga Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia(SKKNI).

Standar Kompetensi terkait Capaian Pembelajaran:

      1. Rumusan capaian pembelajaran mengacu pada deskripsi

capaian pembelajaran level 6 (untuk Program Studi D4, S1), level 8 (untuk Program Studi S2) dan level 9 (untuk Program Studi S3);

      1. Capaian pembelajaran harus memiliki unsur: sikap,

pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus.

Standar Kompetensi terkait Sikap.

Program Studi D4, S1, S2 dan S3 Universitas Nasional merumuskan capaian pembelajaran untuk kompetensi sikap sebagai berikut:

      1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
      2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
      3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dankemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
      4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
      5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan,

agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

      1. Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
      2. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
      3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
      4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
      5. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Standar Kompetensi terkait Pengetahuan:

      1. Unsur pengetahuan harus menunjukkan dengan jelas

bidang/cabang ilmu atau gugus pengetahuan yang menggambarkan kekhususan program studi, dengan menyatakan tingkat penguasaan, keluasan, dan kedalaman pengetahuan yang harus dikuasai lulusannya;

      1. Kompetensi Lulusan Program Studi D4, S1,S2 dan S3 Universitas Nasional harus menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu secara umum dan konsep teoritis khusus dalam pengetahuan dan keterampilan secara mendalam;

Standar Kompetensi terkait Keterampilan Umum.

Kompetensi Lulusan Program Studi D4, S1, S2 dan S3 Universitas Nasional harus memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

      1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis,

dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

      1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
      2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritikseni;
      3. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
      4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
      5. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan

kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

      1. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung- jawabnya;
      2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung- jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
      3. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, meng- amankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Standar Kompetensi terkait Keterampilan Khusus.

Program Studi D4, S1, S2 dan S3Universitas Nasional wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:

      1. Mampu menggunakan teknologi dan ilmu pengetahuan modern dalam menyelesaikan masalah;
      2. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi terkini untuk melakukan berbagai penyelesain masalah dalam domain setiap bidang ilmu dan keterampilan;
      3. Mampu menggunakan piranti lunak yang bersesuaian dengan bidang ilmu dan keterampilan;
      4. Mampu menggunakan Bahasa Inggris dalam bidang ilmu dan keterampilan masing-masing;

Standar Kompetensi terkait dengan Standar Kualitas

Lulusan:

      1. Rata-rata waktu tunggu kerja pertama kurang dari 6

(enam) bulan;

      1. Kesesuaian bidang kerja dari lulusan dengan bidang

studi lebih dari 80%.

      1. Rata-rata tanggapan pengguna terhadap lulusan terkait aspek integritas (etika dan moral), keahlian berdasarkan bidang ilmu, penguasaan Bahasa Inggris, penggunaan teknologi informasi, komunikasi, kerja sama tim, dan pengembangan diri adalah baik dan/atau baiksekali.
    1. Bukti pelibatan forum Program Studi sejenis atau nama lain yangsetara (bila ada).
    2. Standar Kompetensi Lulusan sudah mengacu kepada capaian Pembelajaran Lulusan Universitas Nasional.
    3. Standar Kompetensi Lulusan sudah mengacu kepada deskripsi capaian Pembelajaran Lulusan KKNI.
    4. Standar Kompetensi Lulusan memiliki kesetaraan dengan Jenjang Kualifikasi padaKKNI.
    5. Rumusan sikap, pengetahuan, dan keterampilan Program

Studi.

    1. Adanya kegiatan untuk menambah pengalaman mahasiswa
2.Isi

Pembelajaran

Standar Isi Pembelajaran terkait dengan kurikulum:

      1. Kurikulum memuat jabaran kompetensi lulusan secara

lengkap,yaitu:

        1. Kompetensi utama, yang sesuai dengan standar kompetensi pada bidang keilmuan programstudi,
        2. Kompetensi pendukung, yang bersifat pendukung kompetensi utama yang mencirikan kekuatan program studi,
        3. Kompetensi lainnya yang bersifat khusus.
      1. Kurikulum harus sesuai dengan visi, misi program studi Universitas Nasional serta berorientasi ke depan.
      2. Kurikulum ditinjau setiap 4 tahun berdasarkan prosedur peninjauan kurikulum.
      3. Kurikulum dirumuskan berdasarkan: profil lulusan, capaian pembelajaran, kajian keilmuan yang ditetapkan asosiasi profesi dan keilmuan bidang terkait, matriks kajian keilmuan dan capaian pembelajaran serta mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dan masa depan
      4. Beban total SKS memenuhi Standar Nasional Pendidikan Tinggi, yaitu minimal 144 SKS untuk program Sarjana (S1)

Standar Isi Pembelajaran terkait dengan struktur kurikulum:

      1. Struktur kurikulum terdiri dari mata kuliah yang runtut

secara logis dan digambarkan dalam sebuah peta kurikulum;

      1. Setiap mata kuliah dalam kurikulum memiliki rencana pembelajaran semester yang dilengkapi dengan capaian

pembelajaran, yaitu sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus yang mengarah kepada kompetensi lulusan yang ditetapkan berdasarkan standar kompeten silulusan;

      1. Kompetensi sikap dicapai melalui mata kuliah pembentuk sikap, kompetensi keterampilan umum dicapai melalui mata kuliah umum penciri keilmuan program studi,sedangkan kompetensi khusus dicapai melalui mata kuliah penciri khusus program studi sesuai visi dan misi program studi dan Universitas Nasional;
      2. Mata kuliah dalam kurikulum diturunkan dari bahan kajian berdasarkan ranah keilmuan program studi dan kompetensi serta capaian pembelajaran program studi;
      3. Capaian pembelajaran mata kuliah ditetapkan berdasarkan matriks antara kompetensi lulusan program studi dengan mata kuliah dan bahan kajian;
      4. Bobot SKS mata kuliah ditentukan berdasarkan besaran isi mata kuliah terhadap capaian pembelajaran;
      5. Beban1SKS dan Jumlah SKS per Semester mengikuti

Standar Nasional Pendidikan Tinggi sesuai dengan jenis program studi dan jenis mata kuliah;

      1. Setiap mata kuliah harus dilengkapi tugas dengan bobot penilaian minimum20%;
      2. Kurikulum terdiri dari mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan;
      3. Mata kuliah pilihan minimum 9SKS;
      4. Mata kuliah wajib mencerminkan kompetensi utama dan pendukung, sedangkan mata kuliah pilihan mencer-minkan kompetensi lainnya;
      5. Komposisi Mata Kuliah:
        1. Mata kuliah kompetensi utama:50%-80%.
        2. Mata kuliah kompetensi pendukung:20%-60%.
        3. Mata kuliah kompetensi lainnya:5%-10%.
        4. Komposisi mata kuliah wajib 90– 93% dan
        5. Mata kuliah pilihan 5%–10% dari jumlah seluruh mata kuliah.
      6. Minimum SKS mata kuliah pilihan yang wajib dipilih adalah 9 SKS;
      7. Rasio mata kuliah pilihan yang wajib dipilih berbanding jumlah mata kuliah pilihan yang disediakan, yakni 1:2.

Standar Isi Pembelajaran terkait dengan modul perkuliahan:

      1. Modul perkuliahan harus mengacu pada kurikulum dan rencana pembelajaran semester untuk 14 minggu

pertemuan;

      1. Modul perkuliahan harus disesuaikan dan ditinjau setiap tahun agar sesuai dengan perkembangan ilmu penge-tahuan dan teknologi terkini;
      2. Modul perkuliahan disusun oleh kelompok dosen dalam satu bidang ilmu, dengan memperhatikan masukan dari dosen lain atau dari pengguna lulusan;

StandarIsiPembelajaranterkaitdenganModul Praktikum:

      1. Modul praktikum harus mengacu pada kurikulum dan

rencana pembelajaran semester untuk 12 minggu perte-muan

      1. Setiap modul pertemuan praktikum harus terdiri dari: tujuan praktikum,tugas pendahuluan praktikum, teori, percobaan, tugas akhir praktikum.
      2. Mahasiswa harus melakukan demonstrasi tugas akhir praktikum minimum pada pertemuan terakhir kegiatan praktikum.

Standar Isi Pembelajaran terkait dengan Dosen Pem-bimbing Akademik:

      1. Jumlah maksimum mahasiswa bimbingan akademik tiap semester sebanyak 20 mahasiswa;
      2. Jumlah pertemuan pembimbingan tiap semester minimum (4) empat kali;
      3. Pembimbingan Akademik harus mengikuti dan mengacu pada buku pedoman pembimbingan akademik.

Standar Isi Pembelajaran terkait dengan Dosen Pem-bimbing Tugas Akhir:

      1. Pembimbing tugas akhir program sarjana (S1) minimum

Magister (S2) dan sesuai bidang ilmu;

      1. Jumlah pembimbingan tugas akhir minimum10 kali dan dilengkapi dengan buku jurnal bimbingan tugas akhir;
      2. Proses pembimbingan mengikuti buku pedoman pembim-bingan Tugas Akhir.
    1. Adanya dokumen kebijakan, peraturan, dan pedoman atau buku panduan tentang pengembangan kurikulum yang lengkap.
    2. Program Studi menggunakan dokumen kebijakan, peraturan dan pedoman atau buku panduan pengembangan kurikulum untuk melakukan perencanaan, pengembangan, dan pemu-takhiran kurikulum secaraberkala.
    3. Hasil monitoring dan evaluasi terhadap pengembangan kurikulum Program Studi.
    4. Kurikulum Program Studi dikembangkan secara berkala dan berkesinambungan.
    5. Standar Isi Pembelajaran sudah mengacu kepada capaian pembelajaran lulusan Universitas Nasional.
    6. Standar Isi Pembelajaran sudah mengacu kepada deskripsi

capaian pembelajaran lulusan KKNI.

    1. Isi Pembelajaran telah dirumuskan secara kumulatif dan/atau integratif (SKS).
    2. Isi Pembelajaran telah dituangkan ke dalam mata kuliah.

3.Proses

Pembelajaran

    1. Standar Proses Pembelajaran terkait dengan Karakteristik Pembelajaran:
      1. Karakteristik pembelajaran memiliki sifat interaktif,

holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa;

      1. Materi mata kuliah wajib ditampilkan pada digitallocker

oleh setiap pengampu mata kuliah;

      1. Mata kuliah yang bersifat adaptif terhadap softskill wajib menerapkan metode Problem Based Learning dan Project Based Learning (PBL), sehingga pelaksanaan PBL setara dengan 4kali tatap muka.

Standar Proses Pembelajaran terkait dengan Perencanaan Proses Pembelajaran:

      1. Kurikulum memuat jabaran kompetensi lulusan secara

lengkap (pengetahuan, keterampilan umum, keterampilan khusus dan sikap) serta berorientasi ke masa depan sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran programstudi.

      1. Kurikulum mencantumkan peta kurikulum.
      2. Seluruh mata kuliah (kuliah dan praktikum) dilengkapi dengan RPS mata kuliah paling sedikit memuat:
        1. nama program studi, nama dan kode matakuliah, semester, sks, nama dosen pengampu
        2. capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada mata kuliah;
        3. kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan;
        4. bahan kajian yang terkait dengan kemampuan yang akan dicapai;
        5. metode pembelajaran;
        6. waktu yang disediakan untuk mencapai kemampuan pada tiap tahap pembelajaran;
        7. pengalaman belajar mahasiswa yang diwujudkan dalam deskripsi tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa selama satu semester
        8. kriteria, indikator, dan bobot penilaian;
        9. daftar referensi yang digunakan.
      3. Rencana Pembelajaran Semester (RPS) wajib ditinjau dan disesuaikan secara berkala dengan perkembangan ilmu pengetahuandan teknologi.

Standar Proses Pembelajaran terkait dengan Pelaksanaan Pembelajaran:

      1. Proses pembelajaran melalui kegiatan kurikuler wajib

dilakukan secara sistematis dan terstruktur melalui ber-bagai mata kuliah dengan beban belajar yang terukur.

      1. Proses pembelajaran melalui kegiatan kurikuler wajib menggunakan metode pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik mata kuliah untuk mencapai kemampuan tertentu yang ditetapkan dalam kuriku-lum/matakuliah dalam rangkaian pemenuhan capaian pembelajaran lulusan;
      2. Pelaksanaan pembelajaran mata kuliah meliputi: diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kola-boratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau metode pembelajaran lain yang dengan secara efektif mem-fasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran lulusan;
      3. Setiap mata kuliah dapat menggunakan satu atau gabung-an dari beberapa metode pembelajaran sebagaimana dan diwadahi dalam suatu bentuk pembelajaran;
      4. Bentuk pembelajaran dapat berupa:
        1. kuliah,
        2. response dan tutorial,
        3. seminar,
        4. praktikum, praktik studio, praktik lapangan.
      5. Bentuk pembelajaran untuk program sarjana wajib ditambah dengan bentuk pembelajaran berupa penelitian, perancangan, atau pengembangan;
      6. Proses pembelajaran yang terkait dengan penelitian mahasiswa wajib mengacu pada Standar Nasional Penelitian;
      7. Bentuk pembelajaran berupa penelitian, perancangan, atau pengembangan merupakan kegiatan mahasiswa di bawah bimbingan dosen dalam rangka pengembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, pengalaman otentik, serta meningkatkan kesejahteran masyarakat dan daya saing bangsa;
      8. Bentuk pembelajaran program sarjana wajib ditambahkan bentuk pembelajaran berupa pengabdian kepada masya-rakat;
      9. Bentuk pembelajaran berupa pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan mahasiswa di bawah bimbingan dosen dalamr angka memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan

kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan

bangsa.

      1. Proses pembelajaran terkait dengan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa wajib mengacu pada Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat.

Standar Proses Pembelajaran terkait Beban Belajar Mahasiswa:

      1. Beban belajar mahasiswa dinyatakan dalam besaran

Satuan Kredit Semester (SKS).

      1. Semester merupakan satuan waktu proses pembelajaran efektif selama paling sedikit16 (enam belas) minggu, termasuk ujian tengah semester dan ujian akhir semester.
      2. 1(satu) tahun akademik terdiri atas 2 (dua) semester dan dapat menyelenggarakan semester antara.
      3. Masa dan beban belajar penyelenggaraan program pendidikan paling lama7 (tujuh) tahun akademik untuk program sarjana, dengan beban belajar mahasiswa paling sedikit 144 (seratus empat puluh empat) sks;
      4. Beban belajar mahasiswa program sarjana yang berprestasi akademik tinggi, setelah 2 (dua) semester pada tahun akademik yang pertama dapat mengambil maksimum 24 (dua puluh empat) sks per semester pada semester berikutnya.
      5. Mahasiswa berprestasi akademik tinggi merupakan mahasiswa yang mempunyai indeks prestasi semester (IPS) lebih besar dari 3,00(tiga koma nol nol) dan memenuhi etika akademik.

Standar Proses Pembelajaran terkait Satuan Kredit Semester(SKS):

      1. 1 (satu) sks pada proses pembelajaran berupa kuliah,

responsi, atau tutorial, terdiri atas:

        1. kegiatan tatap muka 50 (lima puluh) menit per minggu per semester;
        2. kegiatan penugasan terstruktur 60 (enam puluh) menit perminggu per semester; dan
        3. kegiatan mandiri 60(enam puluh) menit per minggu per semester.
      1. 1(satu) sks pada proses pembelajaran berupa seminar atau bentuk lain yang sejenis, terdiri atas:
        1. kegiatan tatap muka 100 (seratus) menit per minggu per semester; dan
        2. kegiatan mandiri 70 (tujuh puluh) menit per minggu per semester.
      2. Perhitungan beban belajar dalam sistem blok, modul, atau bentuk lain ditetapkan sesuai dengan kebutuhan dalam memenuhi capaian pembelajaran.
      3. 1(satu) sks pada proses pembelajaran berupa praktikum, praktik studio, praktik bengkel, praktik lapangan,

penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan/atau proses pembelajaran lain yang sejenis, 170 (seratus tujuh puluh) menit per minggu per semester.

Standar ProsesPembelajaranterkait SemesterAntara:

      1. SemesterAntaradiselenggarakan:
        1. selama paling sedikit 8 (delapan) minggu;
        2. beban belajar mahasiswa paling banyak 9 (sembilan) sks;

  1. semester antara sesuai beban belajar mahasiswa untuk

memenuhi capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.

  1. semester antara dapat diselenggarakan dalam bentuk perkuliahan, tatap muka paling sedikit 16 (enam belas) kali termasuk ujian tengah semester dan antara ujian akhir semester.
    1. Jumlah Dosen yang membuat RPS sudah 100%.
    2. RPS yang dibuat paling sedikit telah memuat RPS sebagaimana tercantum di dalam Permenristek Dikti Nomor 44 Tahun 2015
4.Penilaian

Pembelajaran

    1. Pelaksanaan ujian sesuai rencana pada kalender akademik
    2. Jenis ujian sesuai dengan rancangan RPS yang telah dibuat.
    3. Jenis ujian sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.
    4. Soal sesuai dengan kisi-kisi.
    5. Hasil ujian dan feedback kepada mahasiswa diberikan tepat waktu.
    6. Pelaksanaan remedial tes dilakukan tepat waktu.

Standar Penilaian Pembelajaran terkait prinsip penilaian:

      1. Prinsip penilaian mencakup prinsip edukatif, otentik, objektif, akuntabel, dan transparan yang dilakukan secara terintegrasi,
      2. Prinsip edukatif merupakan penilaian yang memo-tivasi mahasiswa agar mampu:
        1. memperbaiki perencanaan dan cara belajar,
        2. meraih capaian pembelajaran lulusan.
      3. Prinsip otentik merupakan penilaian yang ber-orientasi pada proses belajar yang berkesinam-bungan dan hasil belajar yang mencerminkan ke-mampuan mahasiswa pada saat proses pembelajaran berlangsung.
      4. Prinsip objektif merupakan penilaian yang dida-sarkan pada standar yang disepakati antara dosen dan mahasiswa serta bebas dari pengaruh subjek-tivitas penilai dan yang dinilai.
      5. Prinsip akuntabel merupakan penilaian yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas,disepakati pada awal kuliah, dan dipahami oleh mahasiswa.
      6. Prinsip transparan merupakan penilaian yang pro-sedur dan hasil penilaiannya dapat diakses oleh se-mua pemangku kepentingan.

Standar Penilaian Pembelajaran terkait teknik dan instrumenpenilaian:

      1. Teknik penilaian terdiri atas: observasi,

partisipasi, unjuk kerja, tes tertulis, tes lisan, dan

angket.

      1. Instrumen penilaian terdiri atas penilaian proses dalam

bentuk rubric dan/atau penilaian hasil dalam bentuk porto folio atau karya desain.

      1. Penilaian sikap dapa tmenggunakan teknik penilaian

observasi.

      1. Penilaian penguasaan pengetahuan, keterampilan umum,

dan keterampilan khusus dilakukan dengan memilih satu atau kombinasi dari berbagai teknik dan instrument penilaian.

      1. Hasil akhir penilaian merupakan integrasi antara berbagai

teknik dan instrument penilaian yang digu-nakan.

    1. Standar Penilaian Pembelajaran terkait mekanisme penilaian

terdiri atas:

      1. Menyusun, menyampaikan, menyepakati tahap, teknik,

instrumen, kriteria, indikator, dan bobot penilaian antara penilai dan yang dinilai sesuai de-ngan rencana pembelajaran

      1. Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap,

teknik, instrumen, kriteria, indikator, dan bobot penilaian yang memuat prinsip penilaian

      1. Memberikan umpan balik dan kesempatan untuk

mempertanyakan hasil penilaian kepada maha-siswa

      1. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil

belajar mahasiswa secara akuntabel dan transparan.

      1. Prosedur penilaian mencakup tahap perencanaan,

kegiatan pemberian tugas atau soal,observasi ki-nerja, pengembalian hasil observasi, dan pembe-rian nilai akhir.

      1. Prosedur penilaian pada tahap perencanaan dapat

dilakukan melalui penilaian bertahap dan/atau penilaian ulang.

Standar Penilaian Pembelajaran terkait

pelaksanaan penilaian:

      1. Pelaksanaan penilaian dilakukan sesuai dengan

rencana pembelajaran;

      1. Pelaksanaan penilaian dapat dilakukan oleh:
  1. Dosen pengampu atau tim dosen pengampu.
  2. Dosen pengampu atau tim dosen pengampu dengan

mengikutsertakan mahasiswa.

  1. Dosen pengampu atau tim dosen pengampu dengan

mengikutsertakan pemangku kepentingan yang

relevan.

Standar Penilaian Pembelajaran terkait

penilaian matakuliah:

      1. Bobot Penilaian mata kuliah tanpa praktikum

penunjang adalah70% NilaiUTS+30% Nilai UAS.

      1. Bobot Penilaian mata kuliah dengan praktikum

penunjang adalah 50% Nilai UTS+30% Nilai UAS+ 20% Nilai Praktikum Penunjang.

      1. Komposisi Nilai Tugas dapat diambil sebesar20% dari

nilai UAS. Tugas dapat berupa Kuis, Maka-lah, Pembuatan Program, Presentasi dan diskusi, Pekerjaan Rumah,

      1. Bobot Penilaian Mata Kuliah Utama adalah 50% Nilai

UTS+50% Nilai Ujian Utama.

Standar Penilaian Pembelajaran terkait

pelaporan penilaian:

      1. Metode penilaian dikomunikasi ke mahasiswa

ketika perkuliahan dimulai dalam bentuk kontrak perkuliahan.

      1. Pelaporan penilaian berupa kualifikasi keberha-silan

mahasiswa dalam menempuh suatu mata kuliah

      1. Huruf antara dan angka antara untuk nilai pada kisaran

0 (nol) sampai 4 (empat).

      1. Hasil penilaian capaian pembelajaran lulusan di tiap

semester dinyatakan dengan indeks prestasi semester (IPS).

      1. Hasil penilaian capaian pembelajaran lulusan pada akhir

program studi dinyatakan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK).

      1. Indeks prestasi semester (IPS) dinyatakan dalam

besaran yang dihitung dengan cara menjumlahkan perkalian antara nilai huruf setiap mata kuliah yang ditempuh dan sks mata kuliah bersangkutan dibagi dengan jumlah sks mata kuliah yang diambil dalam satu semester.

      1. Indeks prestasi kumulatif (IPK) dinyatakan dalam

besaran yang dihitung dengan cara menjumlahkan perkalian antara nilai huruf setiap mata kuliah yang ditempuh dan sks mata kuliah bersangkutan dibagi dengan jumlah sks mata kuliah yang diambil yang telah ditempuh.

      1. Hasil penilaian diumumkan kepada mahasiswa

secara online melalui studentsite setelah satu tahap pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran.

Standar PenilaianPembelajaran terkait kelulusan:

      1. Mahasiswa program sarjana Universitas Nasional

dinyatakan lulus apabila telah menempuh seluruh beban belajar yang ditetapkan dan memiliki capai-an pembelajaran lulusan yang ditargetkan oleh

program studi dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) lebih besar atau sama dengan 2,00 (dua koma nol nol).

      1. Kelulusan mahasiswa dari program diploma dan

program sarjana dapat diberikan predikat memu-askan, sangat memuaskan, atau pujian dengan kri-teria:

        1. Mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat

memuaskan apabila mencapai indeks prestasi kumulatif (IPK) 2,76 (dua koma tujuh enam) sampai dengan 3,00 (tiga koma nol nol);

        1. Mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat sangat

memuaskan apabila mencapai indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,01 (tiga koma nol satu) sam-pai dengan 3,50 (tiga koma lima nol); atau

        1. Mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat

pujian apabila mencapai indeks prestasi kumulatif (IPK) lebih dari 3,50 (tiga koma lima nol).

Standar Penilaian Pembelajaran terkait siding

Tugas Akhir Skripsi:

  1. Sidang Tugas Akhir Skripsi dilakukan oleh2(dua)

penguji dandosen pembimbing.

  1. Penilaian tugas akhir mencakup: Isi Penulisan, Pengua-

saan Materi,dan Presentasi.

  1. Mahasiswa dinyatakan lulus siding apabila meme-roleh

minimal rata-rata 70.

Standar Penilaian Pembelajaran

terkait sidang komprehensif:

  1. Program Sarjana (S1) dapat menyelenggarakan ujian

komprehensif sebagai syarat kelulusan selain skripsi dengan memenuhi ketentuan syarat akademik kelulus-an.

  1. Ujian Komprehensif terdiri dari tiga (3) mata ujian,

ditetapkan oleh Program Studi sesuai dengan kompe- tensi keilmuan Program Studi.

  1. Pelaksanaan Sidang Komprehensif diuji oleh 3 Dosen

penguji untuk masing-masing penguji menguji 1 materi ujian dengan kualifikasi Doktor (S3) atau Magister (S2) dengan jabatan fungsional akademik Lektor Ke-pala dengan bidang ilmu yang sesuai dengan materi yang diujikan.

  1. Mahasiswa dinyatakan lulus apabila rata-rata nilai ujian

dari 3 materi yang diujikan minimal 60.

    1. Standar Penilaian Pembelajaran

terkait dokumen Kelulusan:

      1. Dokumen yang diterima oleh lulusan adalah:
  1. Ijazah
  2. Sertifikat kompetensi yang diterbitkan

oleh perguruan

tinggi bekerjasama dengan organisasi profesi, lembaga pelatihan, atau lembaga sertifikasi yang terakreditasi

  1. Gelar; dan
  2. Surat Keterangan Pendamping Ijazah.

Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran

P

Alur kerja monitoring dan evaluasi pembelajaran di Universitas Nasional ditun-jukkan pada Gambar1., sedangkan aliran datanya dijelaskan secara rinci pada Gambar 2. berikut ini:

Gambar 1. Alur kerja monitoring dan evaluasi pembelajaran

Keterangan:

      1. BPM (Badan Penjaminan Mutu) menginformasikan monitoring perkuliahan yang dilaksanakan pada awal perkuliahan, pertengahan perkuliahan dan akhir perku-liahan.
      2. UPM (Unit Penjaminan Mutu) Fakultas melakukan koordinasi pelaksanaan moni-toring dengan Ketua Program Studi.
      3. Ketua Program Studi berkoordinasi dengan Ketua Tim Penjaminan Mutu (TPM) dan membuat surat edaran kegiatan monitoring dan evaluasi kepada para Dosen.
      4. TPM melakukan koordinasi dan monitoring kegiatan perkuliahan. Hasil monev dianalisis oleh tim TPM dan melaporkan hasil monitoring kepada Ketua Program Studi.
      5. Ketua Program Studi menyetujui laporan monev.
      6. Ketua UPM mengirim hasil laporan monev kepada BPM.

Gambar2.Aliran dataMonitoringdan Evaluasi Pembelajaran

HASIL MONITORINGDANEVALUASIPEMBELAJARAN

Hasil Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran yang telah disusun oleh Tim Penjaminan Mutu Program Studi, mengikuti format sebagai berikut::

Tabel4.1. KehadiranDosendalamemberikanperkuliahan

No. Mata Kuliah Semester Dosen/ TimPengajar Jumlah Kehadiran Persentase Kehadiran *)
1
2
3
dst
Rata-rata

*)bandingkan dengan jumlah kehadiran yang seharusnya

Tabel 4.2. Kehadiran Mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan

No MataKuliah Semester Rata-ratajumlah Kehadiran Persentase Kehadiran *)
1
2
3
dst
Rata-rata

*) bandingkan rata-rata jumlah kehadiran dengan jumlah kehadiran yang

seharusnya.

Tabel4.3.PencapaianMateri Kuliah (kesesuaian RPS

No MataKuliah Dosen/ TimPengajar PersentasePencapaianMateriKuliah

SesuaiRPS*)

Semester

1/2

Semester

3/4

Semester

5/6

Semester

7/8

1
2
3
dst
Rata-rata

*) bandingkandengan RPS yang ada

Tabel 4.4.Evaluasi Kinerja Dosen dalam pemberianMataKuliah (Indeks Kinerja Dosen)

No NamaDosen MataKuliah Semester IndeksKinerja Dosen(IKD)
1
2
3
dst
Rata-rata

Tabel4.5.Rekapitulasi Indeks Kinerja Dosen(IKD)

No. IndeksKinerja Dosen (IKD) Jumlah Persentase
(Semesterke-) (Semesterke-)
1/2 3/4 5/6 7/8 1/2 3/4 5/6 7/8
1 SangatBaik
2 Baik
3 Cukup
4 Kurang
5 SangatKurang
Rata-rata

Tabel 4.8. IndeksPrestasi Semester(IPS) Mahasiswa Aktif

No NamaMahasiswa NPM Semester Indeks Prestasi Semester (IPS)
1
2
3
4
5
dst
Rata-rata IPS
Persentase IPS≥3.0
Persentase 2.75
Persentase IPS≤2.75

Tabel 4.9.IndeksPrestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa TugasAkhir

No NamaMahasiswa NPM Semester Indeks Prestasi Kumulatif(IPK)
1
2
3
4
5
dst
Rata-rata IPK
PersentaseIPK≥3.0
Persentase2.75
PersentaseIPK≤2.75

Tabel 4.10. Masa Studi Mahasiswa TugasAkhir

No NamaMahasiswa NPM Semester MasaStudi
1
2
3
4
5
dst
Rata-rata MasaStudi
S1:Persentase Masa Studi ≤8 semester
S2:Persentase Masa Studi ≤4 semester
S3:Persentase Masa Studi ≤6 semester
  1. REFERENSI/DAFTAR PUSTAKA

Legal Formal:

  1. UUD RI Tahun 1945 pasal 4 ayat (1);
  2. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara RI Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4301);
  3. UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (Lembaran Negara RI Tahun 2003 Nomor 39, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4279);
  4. UU No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan;
  5. UU No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi;
  6. PP No. 23 Tahun 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (Lembaran Negara RI Tahun 2004 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4408);
  7. PP No. 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional (Lembaran Negara RI Tahun 2006 Nomor 67, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4637);
  8. PP No. 31 Tahun 2006 Tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional (Lembaran Negara RI Tahun 2006 Nomor 67, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4637);
  9. PP RI No. 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
  10. Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  11. Surat Dirjen Dikti No.1030/D/T/2010 tanggal 26 Agustus 2010 Perihal Penataan Nomenklatur Program Studi Psikologi, Komunikasi, Komputer, dan Lanskap.
  12. Badan Nasional Sertifikasi Profesi, Rancangan 1 Pedoman BNSP 219-2012 tentang Pengembangan Skema Sertifkasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Peraturan Universitas Nasional:

  1. SK Rektor Tentang Peraturan Akademik Universitas Nasional No. 17 Tahun 2017.
  2. RENSTRA Universitas Nasional
  3. Rencana Induk Penelitian Universitas Nasional

Naskah Akademik Asosiasi Program Studi:

        1. Forum Program Studi Sastra Indonesia

Buku:

  1. Bloom, Benjamin S. “Handbook on formative and summative evaluation of student learning.” (1971).
  2. Mowrer, Orval. “Learning theory and behavior.” (1960).
  3. Bates, Anthony Williams, and Gary Poole. Effective Teaching with Technology in Higher Education: Foundations for Success. Jossey-Bass, An Imprint of Wiley. 10475 Crosspoint Blvd, Indianapolis, IN 46256, 2003.
  4. Diamond, Robert M. Designing and Assessing Courses and Curricula: A Practical Guide. The Jossey-Bass Higher and Adult Education Series. Jossey-Bass, Inc., Publishers, 350 Sansome St., San Francisco, CA 94104-1310; toll-free, 1998.
  5. LAMPIRAN

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *