VISI DAN MISI FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA

Visi

Terwujudnya Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Nasional, unggul dalam bidang penelitian, kekreatifan, dan kebudayaan menuju industri kreatif yang kompetitif di tahun 2030 dengan berlandaskan etika akademik  dan teknologi.

Misi

  1. Mengembangkan dan menetapkan lulusan yang mampu bersaing di bidang penelitian, kekreatifan, dan kebudayaan pada tingkat nasional dan internasional
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas unggul dan berwawasan budaya luhur bangsa untuk menghasilkan penemuan dan/atau pembaruan ilmu dan teknologi yang terkait dengan bidang bahasa dan sastra, serta budaya Indonesia untuk menciptakan SDM yang andal, potensial, dan profesional.
  3. Menyelenggaran pendidikan akademik yang berwawasan budaya luhur bangsa untuk menghasilkan tenaga professional yang menguasai akademik di bidang bahasa dan sastra Indonesia, Inggris, Jepang dan Korea.
  4. Menggalang kerja sama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak di tingkat loka, nasional, regional dan internasional melalui budaya akademik yang etis dan kondusif dengan semangat kewirausahaan.
  5. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna dan tepat sasaran untuk membantu memecahkan masalah sosial kemasyarakatan terkait dengan bidang bahasa, sastra, budaya.

Tujuan

  1. Meningkatkan kemampuan lulusan bekerja secara efektivitas dan efisiensi yang mempunyai jatidiri kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan;
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian akademik bidang kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan dengan menekankan sengamgat otonomi daerah dan kepentingan nasional di era global;
  3. Menghasilkan penelitian yang menunjang pengembangan, kekreatifan dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya;
  4. Menciptakan program kerja Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) untuk memberdayakan masyarakat di bidang bahasa, sastra, dan budaya.
  5. Menghasilkan kerja sama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri.

VISI MISI PROGRAM STUDI

VISI PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA

Terwujudnya  Program Studi Sastra Indonesia yang unggul dalam bidang kajian kebahasaan, kesastraan, dan kebudayan Indonesia, serta mampu menjadikan industri kreatif bidang bahasa dan sastra pada 2025.

MISI PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA

  1. Mengembangkan kualitas sumber daya manusia  dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia melalui proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang profesional dan mempunyai jiwa kewirausahaan melalui kebahasaan dan kesastraan.
  3. Membentuk lulusan yang kreatif, inovatif, analitis, dan kritis dalam menyikapi perkembangan bidang ilmu bahasa, sastra, dan kebudayaan Indonesia.
  4. Membentuk lulusan yang menguasai bahasa dan sastra Indonesia serta mampu mengamalkannya kepada masyarakat melalui berbagai media.

TUJUAN PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA

Program Studi Sastra Indonesia bertujuan untuk

  1. Membekali lulusan dengan perangkat konseptual, perangkat analisis, dan pendekatan praktis dalam kebahasaan dan kesastraan agar mampu memformulasikan, mengimplementasikan, serta mengevaluasinya;
  2. Membekali lulusan dengan kemampuan mengenali masalah kebahasaan dan kesastraan yang diperlukan bagi pengembangan bahasa dan sastra secara efektif, efisien, produktif, responsif, dan objektif;
  3. Membekali lulusan dengan kemampuan untuk berperan dalam apresiasi yang kritis dan kreatif.