Jakarta [UNAS] – “Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertanah air satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa satu, bahasa Indonesia” (Sumpah Pemuda).

Hal di atas merupakan isi dari Sumpah Pemuda yang biasanya dibacakan pada dan dikenang sebagai hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. Tidak hanya sebagai memperingati hari Sumpah Pemuda, hari ini Himpunan Mahasiswa Sastra Indonesia pun memperingatinya sebagai Bulan Bahasa yang bertemakan Keduri Bahasa di ruang seminar selasar lantai 3, Rabu (28/10)

“Tujuan dari kegiatan ini yaitu memberikan wadah kepada mahasiswa untuk mengadakan apresiasi bahasa dan sastra, khususnya bahasa Indonesia. Selain itu, harapannya dengan memberikan wadah ini, mahasiswa mendapatkan kopetensi yang seharusnya dalam bidang Bahasa dan Sastra Indonesia. Sebab dalam bidang Sastra Indonesia, diujinya seorang sastrawan senior pun bukan hanya diuji oleh penguji tetapi langsung diuji oleh masyarakat langsung”, tutur Ketua Program Studi Sastra Indonesia Universitas Nasional, Drs. Somadi Sosrohadi, M.Pd.

Rangkaian acara yang dilakukan di ruang seminar selasar lantai 3 ini meliputi kenduri sastra oleh Sastrawan yang merupakan alumnus serta pernah mengajar di Universitas Nasional, Dra. Naning Pranoto, MA; musikalisasi puisi; kritik sastra oleh Dosen Fakultas Sastra Universitas Nasional, Dr. Wahyu Wibowo, MM; lomba puisi; menyanyikan lagu daerah; unjuk karya angkatan 2013 serta 2014 dan pada hari kedua mengadakan pelatihan leksikografi (tentatif) oleh para Dosen Fakultas Sastra Universitas Nasional; Dra. Dad Murniah, M.Hum; Dra. Tri Iryani Hastiti; dan Dr. Kasno Atmo Sukarto, M.Pd

Pada Sambutannya, Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra, Drs. Evert Haryanto Hilman, M.Hum. mengatakan, “untuk memahami sastra indonesia bagi orang yang dapat berbahasa indonesia dapat diuntungkan karena tidak harus belajar bahasa tetapi dapat membaca dan mengkajinya dari artikel-artikel sastra khususnya Sastra Indonesia”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *